Jumat, H / 29 Maret 2024

Mantan KSAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi Isi Kuliah Tamu di EBS

Jumat 06 Dec 2019 14:56 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E, M.A.P Kepala Staf TNI Angkatan Laut ke-25 (2014-2018) dalam Dies Natalies ESQ Business School ke-7, Jumat (6/12/2019).

Foto: dok.ESQ


ESQNews.id, JAKARTA - Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-7, ESQ Business School (EBS) menyelenggarakan kuliah umum yang bertemakan "Bela Negara Putra Terbaik Bangsa Indonesia di Era 4.0" dengan mengundang Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E, M.A.P yang adalah Kepala Staf TNI Angkatan Laut ke-25 (2014-2018) untuk berbagi wawasan kepada mahasiswa EBS pada Jumat (6/12/2019).


Kegiatan ini dilaksanakan untuk  gelorakan semangat Bela Negara bagi segenap bangsa Indonesia khususnya bagi generasi muda. Kuliah umum ini diselenggarakan di Auditorium Prof. Ir. H. Surna Tjahja Djajadiningrat, M.Sc., Ph.D di lantai 18, Menara 165.


Dalam kuliah umumnya Laksamana TNI Ade Supandi (Purn) selain menjelaskan tentang peran pemuda untuk Bela Negara, juga membagikan tips menjadi pribadi yang unggul. Ada 5 point yang harus diingat:

1. Semangat Tinggi

Mempunyai semangat dan kemauan yang tinggu menjadi modal utama untuk mencapai cita.


2. Tekun

Dengan ketekunan cita-cita akan semakin dekat digapai dan orang akan melihat bagaimana perbedaan kita yang unggul dalam ketekunan.

 

3. Jangan menjudge diri

Tak perlu menghakimi diri dan banyak alasan untuk menjadikan penghalang menggapai cita.


4. Buatlah Blueprint

Tiap orang sebaiknya membuat blueprint. Blueprint aku mau jadi apa nanti. Ia menceritakan bahwa dahulunya ia pun menulis cita-citanya untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Laut dan akhirnya benar tercapai.

"Jadi hidup bagaimana ingin dijalani buatlah blueprint nya (vision board). Mungkin itu akan menggaet, karena orang kalau tidak punya tujuan hidup dia akan cenderung melebar tidak fokus, tetapi bila dia punya keinginan yang dia petakan maka itu akan menggaet dia untuk mencapainya. Tulislah cita-cita tertinggi.

 

Akan lebih bagus lagi dibuat progres per tiga bulan apa yang sudah harus dicapai,  itu akan lebih bagus karena kamu punya tanggung jawab menggapai itu," ujarnya.


5. Senyum

Ada yang kurang dari kita yaitu senyum, bila kita bertemu orang senyumlah jangan judes. Ada phonetic, apakah A-Z silahkan dicoba mana yang bagus untuk tersenyum.

<more>

Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda bangsa ini. Kaum muda Indonesia adalah masa depan bangsa, karena itu, setiap generasi muda Indonesia haruslah memberikan kontribusi yang nyata dan juga positif demi kemajuan negaranya.


Kewajiban bela negara pun tak hanya dilakukan oleh pejuang-pejuang di zaman Kemerdekaan saja, tapi juga wajib dilakukan oleh segenap warga negara Indonesia khususnya para generasi muda. Bela negara merupakan sebuah semangat berani berkorban demi tanah air, baik harta bahkan nyawa sekalipun siap dikorbankan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA