Jumat, H / 29 Maret 2024

Sang Gemilang Edvan M. Kautsar

Minggu 09 Jun 2019 10:34 WIB

Source :ESQ Magazine

Edvan M. Kautsar

Foto: dok. pribadi

ESQNews.id - Kalau sukses bisa diraih di usia muda, kenapa tidak? Banyak yang telah berhasil membuktikannya. Edvan Muhammad Kautsar, salah satunya. Terlahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara pada 2 Juni 1993 di Tasikmalaya. Dia sangat  yakin dan ingin membuktikan bahwa kesuksesan tidak dipengaruhi umur, orangtua, sekolah, ras, warna kulit, dan suku. Baginya kesuksesan adalah hak setiap orang.


Perjalanan di dunia entrepreneur dimulai dengan modal nol rupiah. Edvan bersama tim-nya membangun sebuah manajemen yang membidani beberapa usaha di berbagai bidang. Mereka lebih mengandalkan modal yang diberikan oleh Tuhan, yakni anggota badan, termasuk otak, juga keterampilan. Kini berdirilah usaha di bidang jasa seperti lembaga pelatihan entrepreneur berkarakter, event organizer berbagai seminar, usaha kuliner Kautsar Dimsum, serta Agent Kautsar Management yang membuka bagi siapapun yang ingin bergabung.


Tujuan hidup pria yang memiliki hobi bermain futsal, membaca buku, dan menonton film ini cukup unik. “Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi siapapun yang saya temui dalam kehidupan ini,” ujarnya. Salah satu prestasi yang diukirnya  diakui sebagai The Youngest Motivator of Asia pada acara Entrepreneur Festival karena telah menjadi seorang motivator yang membuka kelas seminar atau pelatihan sejak muda, yakni pada usia 14 tahun (kelas 2 SMP).


Edvan pernah menjadi Direktur Golden IDE, sebuah perusahaan yang memiliki visi membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju dengan cara memperbanyak entrepreneur yang berkarakter mulia. Ia memang senantiasa berbagi semangat dan kebahagiaan, tidak hanya negeri kelahirannya, melainkan juga di mancanegara seperti Singapura, Kuala Lumpur, Dubai, dan Madinah.


Usaha bisnisnya dirintis  sejak umur 14 tahun. “Saat itu saya berjualan baju bola dan sandal. Tahun berikutnya saya mencoba menggeluti bisnis multi-level marketing (MLM) dan menjadi leader di jaringan serta memberikan seminar di beberapa tempat,” ujarnya


Pada umur 16 tahun Edvan berbisnis batubara dengan beberapa rekan. Tahun berikutnya ia sempat bermain di beberapa film layar lebar dan video clip serta menjadi model untuk beberapa produk. Ia sempat bergabung juga bersama rekan-rekannya mendirikan production house dan menjadi produser pelaksana sebuah film pendek.


Pasang surut bisnis, berbagai penolakan dan kegagalan yang pernah dirasakan, membuat Edvan semakin tertantang untuk memperbaiki diri serta selalu berusaha memandang positif dan mensyukuri segala kejadian yang pernah terjadi dalam kehidupannya


Edvan pernah menjadi dosen untuk mata kuliah Pendidikan Karakter pada usia 19 tahun di sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Kini, setiap bulan, mahasiswa semester 4 di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakartaini  mengisi program “Yok Kite Bisnis” di 106,2 FM BensRadio, Jakarta, dan secara berkala mengisi program “Galeri Muda Dakta” di Radio Dakta FM Bekasi. Ia juga kerap diundang untuk mengisi acara radio dan TV di Indonesia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA