Senin, H / 28 November 2022

Laut Memberi Kontribusi Lebih Besar Bagi Perekonomian Indonesia

Jumat 05 Jul 2019 16:24 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Twitter @BankDunia

ESQNews.id, JAKARTA – Perekonomian Indonesia ada kalanya naik maupun turun. Melansir dari sebuah akun Twitter @BankDunia. Posting pada (5/7) dengan kalimat “Laut dapat memberi kontribusi lebih besar untuk keuangan melalui pendapatan yang lebih tinggi dari pariwisata dan perikanan jika dikelola dengan baik."

 


- Laporan Triwulanan Perekonomian Indonesia, Juni 2019:Lautan Peluang

- Susi Pudjiastuti: IUU Fishing Dicatat Dalam Deklarasi Pemimpin G20 Osaka

 

Informasi lengkap dari postingan di atas, terkait laporan khusus tentang pentingnya ekonomi Maritim bulan Juni 2019. Khususnya bagi pembangunan ekonomi Indonesia dan pertumbuhan berkelanjutan, ada beberapa point penting diantaranya:


. Pertumbuhan PDB Indonesia pada kuartal pertama tahun 2019 stabil di tingkat 5,1%. Selama 14 kuartal terakhir Indonesia mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang stabil, konsisten dalam kisaran antara 4,9-5,3%.


. Selama kuartal pertama 2019 terjadi peralihan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan investasi melambat dari tingkat tertinggi selama beberapa tahun, sementara konsumsi masyarakat dan pemerintah meningkat.


. Edisi ini juga mengangkat pentingnya ekonomi maritim bagi pembangunan Indonesia. Laporan membahas tantangan dan peluang yang dihadapi sektor maritim untuk mendukung kesejahteraan yang lebih besar.


Untuk merealisasikan potensi penuh dari sektor ini akan membutuhkan:


1. Reformasi untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya alam, pelestarian ekosistem, peningkatan mutu makanan laut, memajukan pengalaman wisata, dan mencari peluang untuk memperkuat citra laut dan pesisir Indonesia.

2. Investasi untuk melindungi aset maritim dan pesisir dari sampah laut.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA