Jumat, H / 29 Maret 2024

Kolaborasi Baznas Sumedang dengan ESQ untuk Lahirkan Ratusan Duta Akhlak & Duta Zakat

Rabu 15 Mar 2023 05:58 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, SUMEDANG – Dalam rangka mencetak generasi emas Duta Akhlak dan Duta Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang menggelar traning ESQ yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai elemen di Graha Asia Plaza Sumedang, Selasa 14 Maret 2023. Perhelatan ini mengusung tema "Mewujudkan 10.000 Generasi Emas, Duta Akhlak, Duta Zakat, dan Duta Simpay Sakti Bersama Menuju Sumedang SIMPATI 2023 Jawa Barat Juara Lahir Batin."


Melansir dari berbagai media, Ketua Baznas H. Ayi Subhan Hafas mengatakan, sekitar 700 peserta dari 25 Instansi/lembaga mengikuti kegiatan ini dan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi Jawa Barat, Tim ESQ, Pemda Sumedang dan Asia Plaza Sumedang.


Adapun 700 peserta tersebut, kata Ayi, merupakan perwakilan dari 25 Instansi/lembaga di antaranya Polres Sumedang, Kodim 0610 Sumedang, Kantor Kemenag Sumedang, Camat, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor PDAM, Bank Sumedang, Baznas kabupaten Sumedang, Aparat Sipil Negara (ASN), KUA Kecamatan, UPZ Dinas/Badan, UPZ Kecamatan, Dharma Wanita, PKK, Kepala Desa dan sebagainya.


“Ini adalah training pengembangan kepribadian yang bertujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental,” tuturnya.


<more>


Untuk mewujudkan SDM yang memiliki keseimbangan antara IQ, EQ dan SQ, Ayi menyebutkan maka diperlukan adanya upaya untuk membina dan mengembangkan kemampuan, karakter serta kepribadian yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai agama.


“Training ESQ saat ini adalah training pengembangan kepribadian yang bertujuan membentuk karakter tangguh dan memadukan konsep IQ, EQ, dan SQ secara terintegrasi dan transendental,” ucapnya.


“Pada kesempatan ini peserta juga akan diarahkan untuk memahami nilai-nilai dasar yang dapat membantu dalam membangkitkan kekuatan tersembunyi serta mengerahkan seluruh potensi dirinya agar dapat mencapai kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif, lebih aktif dan lebih berhasil,” tuturnya.


Melalui training ini juga, tambah Ayi, semoga kita dapat menjadi pribadi yang mampu mempraktikan nilai “tujuh budi utama” yaitu jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli.


“Insya Allah, dengan adanya pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai tersebut, maka tujuan kita dalam melahirkan generasi emas duta akhlak dan duta zakat akan dapat terwujud,” tandasnya


Hal senada disampaikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir bahwa, kegiatan training ESQ ini, peserta akan diarahkan untuk memahami nilai-nilai dasar yang dapat membantu dalam membangkitkan serta mengerahkan seluruh potensi dirinya agar dapat mencapai kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif, lebih aktif dan lebih berhasil.


“Melalui training ini semoga kita dapat menjadi pribadi yang mampu mempraktikan nilai “tujuh budi utama” yaitu jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli,” tandasnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA