Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Transmigrasi, Lakukan Pemerataan Pulau Jawa

Kamis 12 Dec 2019 09:09 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: flickr.com

ESQNews.id, JAKARTA – Adanya Hari Transmigrasi diperingati setiap tanggal 12 Desember. Istilah transmigrasi pertama kali dicetuskan Presiden Soekarno pada tahun 1927 dan diselenggarakan pertama kali pada 12 Desember 1950.


Transmigrasi yaitu sebuah program pemerintah tepatnya pada masa Soeharto, yaitu berupa pemindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk serta pemerataan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.


Khususnya untuk pemerataan di pulau Jawa yang saat ini jumlah penduduknya mencapai 150,4 juta jiwa. Menurut databoks jumlah tersebut setara dengan separuh penduduk Indonesia yang mencapai 266,91 juta jiwa.


<more>


Fakta saat ini, bahwa kawasan transmigrasi telah menjadi sentra produksi pangan, perkebunan, dan agribisnis. Menurut berbagai info, ada 104 eks satuan pemukiman transmigrasi telah berkembang menjadi ibu kota kabupaten/kota.


2 daerah transmigrasi telah berkembang menjadi ibu kota Provinsi, yaitu Mamuju sebagai ibu kota Sulawesi Barat dan Bulungan sebagai ibu kota Kalimantan Utara.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA