Senin, H / 08 Agustus 2022

Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Rabu 05 Feb 2020 10:48 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: pinterest.fr

ESQNews.id, JAKARTA - Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provinciën) diselenggarakan setiap tanggal 5 Februari. De Zeven Provinciën milik Angkatan Laut Kerajaan Belanda (Koninlijke Marine) di lepas pantai Sumatra pada tanggal yang sama tahun 1933.


Zeven Provinciën, kelas kapal ini juga dikenal sebagai LCF (Luchtverdedigings- en commandofregat, pertahanan udara dan fregat komando). Kapal-kapal itu mirip dengan fregat kelas Sachsen Jerman dalam peran dan misi.


Penyebab dari peristiwa itu adalah keputusan untuk menurunkan gaji pegawai pemerintah Hindia Belanda sebesar 17% yang diumumkan pada tanggal 1 Januari 1933. Penurunan gaji pegawai tersebut merupakan upaya pemerintah Hindia Belanda untuk mengurangi defisit anggaran belanja akibat depresi ekonomi yang melanda dunia pada saat itu.


Namun keputusan tersebut mendapat tantangan hebat dari semua pihak, baik pegawai berkebangsaan Eropa, Indonesia maupun Eurasia yang ada di pemerintahan Hindia Belanda. Pemberontakan di atas kapal Zeven Provincien tersebut di atasi dengan cara pengeboman kapal tersebut oleh pesawat udara angkatan laut Belanda.


<more>


Hari penting itu, diperingati karena adanya pemberontakan kapal tujuh provinsi, yaitu pemberontakan anti kolonial pertama di kalangan para pelaut Indonesia.


Andre Therik, seorang yang terlibat dalam pemberontakan itu, pernah mengatakan: “Penurunan gaji hanya momentum bagi meletusnya pemberontakan itu. Para pelaut Indonesia yang sudah bermimpi akan kemerdekaan Indonesia yang mendorong kami memberontak.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA