Minggu, H / 29 Januari 2023

Hari Batik Nasional

Rabu 02 Oct 2019 10:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

2 Oktober 2019, Memperingati Hari Batik Nasional

Foto: Instagram @ristekdikti

Indonesia, negara yang beranekaragam suku bangsa, adat, budaya, bahasa dan lainnya. Termasuk warisan berupa batik dari setiap wilayah.


ESQNews.id, JAKARTA –
Indonesia adalah negara yang kaya dengan keberagaman kebudayaannya, salah satunya batik. Sebelum batik, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization ( UNESCO) telah menyatakan wayang dan keris sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.



Oleh UNESCO batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009.


UNESCO memasukkan batik dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.


<more>


Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, diselenggarakan event “Membatik Untuk Negeri”. Oleh Presiden RI & Ibu Negara bersama 500 pembatik. Di Istana Mangkunegaran, Surakarta. Tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2019. Dengan rangkaian acara pasar batik rakyat dan talkshow and fashion show.


“Batik bukan hanya sekedar simbol identitas bangsa, batik adalah kemurnian sejati atas tanah pertiwi. Pesonanya ialah sukma untuk bangsa indonesia, Dimanapun kaki ini berpijak batiklah yang akan menyadarkanku akan asal-usul, aku bangga menjadi pribadi Indonesia dengan segala ceritanya,” papar vanesha, salah satu warganet yang bangga atas hasil karya bangsa Indonesia.


Selamat Hari Batik Nasional, Mari pandang batik dengan keluhuran, pakailah batik dengan bangga, dan cintai batik dengan sepenuh hati agar batik tetap lestari untuk Indonesia.


Yuk tunjukan pribadimu dengan batik, bahwa kamu adalah “Generasi Cinta Batik”.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA