Jumat, H / 29 Maret 2024

ESQ Training Ary Ginanjar Terima Sertifikat Kesesuaian Syariah MUI

Senin 07 Feb 2011 17:51 WIB

Author :Redaksi

Sertifikat Kesesuaian Syariah dari MUI untuk Training ESQ

Foto: dok.ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Lembaga pelatihan ESQ Training Center memperoleh sertifikat kesesuaian syariah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan keberadaan sertifikat tersebut maka ESQ dinyatakan sesuai syariat dan tidak mengandung unsur sesat atau menyesatkan.  Menurut pimpinan ESQ, Ary Ginanjar Agustian, sertifikasi merupakan jawaban atas semua keraguan dan isu yang berkembang di masyarakat. ”Selama ini ada yang berpendapat ESQ sesat maka asumsi tersebut dapat ditepis,” kata dia di Jakarta, Senin (7/2).


Ari menjelaskan, isu sesat ESQ tersebut muncul ketika Mufti Wilayah Persekutuan Malaysia mengeluarkan fatwa tentang itu. Padahal, selama 10 tahun lebih terdapat persoalan berarti di ESQ. Namun, para alumni ESQ yang jumlahnya mencapai jutaan memandang perlu memperoleh kepastian hukum dan legalitas syariah. Pasalnya, ESQ adalah penggabungan nilai-nilai luhur agama dan manajemen serta kepemimpinan.


Nilai-nilai itu, kata Ary, menegaskan bahwasanya ESQ bergerak di bidang pembinaan dan peningkatan kualitas SDM Indonesia. Melalui penerapan tujuh budi utama, diharapkan di tahun 2020 akan tercipta bangsa yang jujur, memiliki integritas,  visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli. “Sertifikasi akan jadi landasan kuat mendorong pembangunan SDM yang berkarakter,” ungkap dia.


Sekjen MUI, Ichwan Sam, mengatakan sertifikasi dikeluarkan setelah melakukan kajian seksama  selama kurang lebih 6 bulan. Kajian intensif ditempuh baik melalui observasi dan mengikuti pelatihan secara langsung, wawancara, dan meniliti buku-buku yang menjadi referensi utama ESQ.  Disimpulkan, bahwa ESQ bukan lembaga yang menyebarkan paham keagamaan yang sesat dan menyesatkan. “Buktinya tidak ada alumni ESQ murtad atau alamai degradasi pada akidah dan aktivitas keagaamaan,” ungkap dia.


Tetapi, kata Ichwan, ESQ merupakan lembaga pelatihan yang hendak mengangkat dan mengimplementasikan ajaran Islam sebagai sandaran. Sebab, banyak mutiara hikmah   dalam Alquran atau hadis yang mendorong pembinaan pribadi yang tangguh. Konstribusi ESQ pun patut diapresiasi. Utamanya, bagi umat Islam ESQ menggambarkan Islam sebagai agama yang dekat dengan modernitas, manajemen organisasi dan kalbu. “ESQ telah membuktikan dengan baik,” kata dia.


Dalam kesempatan itu pula, dikukuhkan Dewan Pengawas Syariah ESQ yang terdiri dari beberapa tokoh dan ulama nasional antara lain KH Ma’ruf Amin, Drs H M Icwan Sam, Prof Didin Hafidhuddin, Prof Utang Ranuwijaya, dan Dr Cholil Nafis. “Ke depan kita berharap tidak terjadi kesalahpahaman lagi di tengah-tengah masyarkat,” ungkap Ichwan.


Artikel ini telah tayang di Republika.co.id dengan judul "ESQ Peroleh Sertifikasi Syariah MUI"
(Republika.co.id/Nashih Nashrullah)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA