Senin, H / 08 Agustus 2022

ESQ MPP untuk PT AHM, Ary Ginanjar: Sebagai Calon Pensiunan, Yang Paling Penting Adalah

Rabu 22 Sep 2021 13:14 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Insan PT Astra Honda Motor (AHM) mengikuti Training Online ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) Batch 3 pada Selasa-Kamis (14-16/9/2021). Ada sekitar 77 peserta yang hadir dalam pelatihan daring tersebut.

 

Puluhan partisipan terdiri dari berbagai macam level atau golongan yakni GM (BOD-1), Manager, Section Head dan lainnya.

 

Di awal sesi ada sambutan dari Lucas Prana Sunarja (HR Divison Head). Kemudian dilanjutkan paparannya oleh Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group) yang ditemani oleh Iman G. Herdimansyah (trainer).

 

"Sebagai seorang calon pensiunan, yang paling penting adalah kita harus hidup dengan Happy, selanjutnya Healthy, bukan hanya secara fisik, namun juga secara batin. Kalau batin sakit maka badan juga akan sakit. Terakhir adalah Wealthy, yaitu hasil karena kita Happy dan karena kita Healthy,” papar Ary, terlihat senyuman manisnya di layar Zoom.



 

Adapun tujuan dari berlangsungnya acara ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada insan AHM agar mendapat pembekalan sebelum menuju masa pensiunnya. Maka dari itu insan AHM dipandu langsung oleh para pakarnya yakni Iman Herdimansyah, dr. Anna Uyainah, Wendy Isnandar, Risman Nugraha dan lainnya.

 



Selain itu ada sesi sharing dari Yodhi M Ahyad (Bisnis Kuliner), Hendri Soetrisno (Bisnis Perkebunan), Zainal Abidin (Bisnis Properti).

 

Mereka juga dibekali dengan beberapa modul pilihan dari tim ESQ MPP di antaranya:

 

1. Wisdom Living

Pentingnya perencanaan, persiapan pensiun dan membangun kebermaknaan hidup (dipandu oleh Iman Herdimansyah)




2. Leveraging Assets

Membangun motivasi, pemahaman dan keterampilan untuk berbisnis / berwirausaha (dipandu oleh Wendy Isnandar, Yodhi M Ahyad, Hendri Soetrisno, Zainal Abidin)


3. Financial Planning

Mengecek kondisi kesehatan keuangan menjelang masa pensiun dengan objektif (dipandu oleh Wendy Isnandar)


4. Healthy Life

Pemahaman yang benar akan pola hidup sehat dan cara mengimplementasikannya di masa pensiun (dipandu oleh dr. Anna Uyainah)


<more> 


Modul ini diberikan kepada insan AHM, karena mengingat hasil riset yang telah didapatkan oleh tim ESQ MPP periode 2016 – Juli 2021. Riset tersebut telah diukur dengan menggunakan Anxiety Rating Scale (ARS), terhadap 2521 pegawai yang akan memasuki masa pensiun dari 158 kelas ESQ MPP.

 

Hasilnya mengatakan bahwa ada sebanyak 58% (1464 pegawai mengalami kecemasan hingga panik). Sedangkan 42% (1057 pegawai mengalami cemas ringan).

 


 

Paparan materi dari para narasumber juga mendapatkan feedback atau respon dari beberapa peserta. Salah satunya pria yang bernama Rohmad.

 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada AHM yang telah memfasilitasi kami training 3 hari ini yang sangat luat biasa saya rasakan, mudah-mudahan ini menjadi bekal nanti saat pensiun setelah saya selama 32 tahun menjadi karyawan AHM, tentunya ini akan menjadi modal besar untuk nanti,” katanya saat memberikan testimoni.

 

Ia juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Ary Ginanjar beserta tim ESQ MPP yang selama 3 hari ini berbagi ilmu kepada insan AHM dan khalayak tentunya.


“Semoga tetap istiqomah menyampaikan ilmu kepada khalayak ramai. Kepada teman-teman saya satu angkatan MPP, kita sudah diberikan pencerahan yang begitu hebat, mudah-mudahan kita semakin siap dan semakin bahagia, tidak ada rasa kecemasan serta ketakutan dalam menghadapi Purnabakti," harapnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA