Jumat, H / 29 Maret 2024

Bagi yang Ingin Berqurban, Ini Pantangannya

Senin 29 Jul 2019 11:12 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

Idul Adha tahun 2019 ini, ditetapkan jatuh pada (11/8). Ini saatnya umat muslim mempersiapkan diri, untuk membeli hewan qurban bagi yang ingin berqurban.


ESQNews.id, JAKARTA – Saat Idul Adha, ada beberapa pantangan atau saran yang mayoritas umat muslim ketahui. Salah satunya yaitu berpuasa terlebih dahulu dari bangun tidur hingga selesai shalat Idul Adha berjamaah.


Tujuannya agar daging qurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat ‘ied. (Shahih Fiqh Sunnah, 1:602)




- Idul Adha, Mari Dermawan Berqurban!

- Tips Memasak Daging Kerbau Ala PERUM BULOG


Pantangan lainnya bagi yang hendak berqurban. Dilarang untuk memotong kuku dan rambut, sampai hewannya disembelih. Ketika memasuki 1 Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2019.


Rasulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa yang memiliki hewan yang hendak diqurbankan. Apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijjah. Maka janganlah dia memotong sedikit pun bagian dari rambut dan kukunya. Hingga dia selesai menyembelihnya” HR. Muslim, Abu Daud.


Yang dilarang memotong kuku dan rambut adalah shohibul qurban, yaitu orang yang hendak berqurban. Larangan tersebut berlaku untuk memotong dengan cara apapun. Dan untuk bagian kuku maupun rambut manapun.


Artinya mencakup larangan mencukur gundul atau sebagian atau mencabutnya. Baik itu rambut kepala, kumis sekitar kemaluan maupun ketiak (Shahih Fiqih Sunnah).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA