Senin, H / 15 Juli 2024

Ary Ginanjar Apresiasi Ditjen Bina Bangda Kemendagri Sambut 1 Tahun ASN BerAKHLAK: Inilah Salah Satu Ditjen yang Menyambut Hari Ulang Tahun

Senin 25 Jul 2022 15:51 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri menggelar Seminar Internalisasi ASN BerAKHLAK pada Senin 25 Juli 2022 di Gedung Serbaguna - Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Jakarta. Perhelatan ini juga merupakan hasil sinergi bersama ESQ.

 

Di waktu yang bersamaan ini, Ditjen Bina Bangda Kemendagri turut menyambut hari lahir Core Values ASN BerAKHLAK perdana yang ke 1. Karena tepat pada tanggal 27 Juli nilai nilai dasar ASN ini telah diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi.

 

Acara yang dilaksanakan secara offline tersebut turut dihadiri oleh Dr. Teguh Setyabudi, MPD (Ditjen Bina Pembangunan Daerah), Sri Purwaningsih, SH., MAP (Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah),  Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group/ACT Consulting), serta Para Direktur dan ASN di Lingkungan Ditjen Bina Pembangunan Daerah.

 

“Kita berkumpul di sini untuk internalisasi ASN BerAKHLAK. Saya harap bapak dan ibu bisa mengikuti acara yang sangat penting ini. Rugi kalau kita tidak mengikuti acara ini dengan kesungguhan hati. Acara ini sekaligus merayakan setahun peluncuran Core Values ASN BerAKHLAK yang telah diresmikan oleh bapak Presiden,” ucap Teguh dengan tegas.


 

Menurutnya Core Values BerAKHLAK itu sejati, karena singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Sehingga Kementerian dan Lembaga lain seluruh Indonesia baik di provinsi, kabupaten, kota, kelurahan sampai desa serentak memiliki Core Values yang sama yaitu BerAKHLAK.

 

“Itu mencerminkan ASN ASN yang memang dibutuhkan saat ini. Tidak cukup hanya knowledge tapi harus masuk ke dalam hati. Bukan hanya memahami, tetapi juga harus diinternalisasi,” sambungnya.

 

Menindaklanjuti internalisasi BerAKHLAK, Teguh mengundang Ary Ginanjar sebagai narasumber, “Dengan adanya Pak Ary ini, kita akan diberikan bekal terkait mindset dan mental sebagai ASN.”


 

Ketika berbicara tentang kapasitas ASN, maka akan merujuk pada konsep ASN BerAKHLAK. Nilai-nilai ASN “BerAKHLAK” merupakan fondasi baru bagi ASN demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

 

Sebelum paparkan materi, Ary Ginanjar memberikan apresiasi dan menunjukkan rasa bangganya kepada Ditjen Bina Bangda Kemendagri yang telah menyambut peringatan 1 tahun Core Values BerAKHLAK.

 

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Ditjen Bina Bangda Kemendagri, karena dari semua Kementerian dan Lembaga di Indonesia yang jumlahnya 730, inilah salah satu Ditjen yang menyambut hari ulang tahun ASN BerAKHLAK bahkan 2 hari sebelumnya,” ucap Ary dengan mimik wajah yang penuh ketulusan.


 <more>


Ia juga berujar kepada para pejabat ASN yang serentak mengenakan seragam PNS warna Khaki itu, “Terimakasih atas kepercayaannya untuk membantu sedikit bagaimana membangun moral dan karakter BerAKHLAK yang sudah diresmikan oleh bapak Presiden. Mudah mudahan untuk ke depan, bukan hanya di Kemendagri saja tapi di seluruh Indonesia. Dan semoga Dirjen Bina Bangda ini menjadi Direktorat Jenderal terbaik dalam implementasi BerAKHLAK.”


 

Hal itu pula yang menjadi harapan bagi Sri Purwaningsih.

 

“Mudah mudahan Pak Ary Ginanjar bisa menyampaikan hal hal baik ini bukan hanya di lingkungan Kemendagri, tetapi juga di seluruh Indonesia,” ucapnya.

 

Sekretaris Ditjen Bina Bangda melanjutkan, “Kami juga berharap setelah mendapat materi dari Pak Ary ini, teman teman kami bisa memahami dan menginternalisasikan ke dalam masing masing individu serta mengaplikasikan dalam pelaksanaan tugas setiap harinya.”


 

Paparan materi dari Ary Ginanjar yang juga merupakan mantan ASN tersebut mendapat respon yang sangat baik dari para partisipan (Abdi Negara) yang hadir. Salah seorang pejabat di Ditjen Bina Bangda Kemendagri merasakan impact yang luar biasa setelah mengikuti acaranya dari awal hingga akhir.

 

“Moment yang saya dapatkan dari pagi hingga siang ini sangat bermakna. Tentunya harapan ke depan diperlukan training lanjutan untuk pioner pioner dari Bangda untuk dijadikan leader, yang nantinya dari leader tersebut diturunkan kembali kepada per masing masing individu di setiap direktorat,” ucap Jodi.



 

Pria yang memiliki jabatan sebagai analis kebijakan ahli muda, Direktorat SUPD 3 itu berharap semoga implementasi ASN BerAKHLAK ini terlaksana dengan baik dan bisa mengubah mindset para ASN di seluruh Kementerian dan Lembaga Pemerintahan.




Euforia dalam moment kali ini sangat terasa saat dilengkapi dengan adanya alunan musik energik dan sebuah permainan. Saat melakukan permainan, para abdi negara dipandu langsung oleh Coach Rendy (trainer). Bagi mereka yang menang, berhak mendapatkan buku ESQ secara gratis dan tanda tangan langsung dari Authornya yakni Ary Ginanjar.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA