Senin, H / 15 Juli 2024

Alih-alih Glamor, Pendiri Zilingo Beri Peluang Sukses Wiraswasta Wanita

Selasa 28 May 2019 12:39 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ankiti Bose sang Founder Zilingo

Foto: Twitter @AnkitiB

ESQNews.id, JAKARTA - Menjadi perempuan yang mampu mendirikan perusahaan startup senilai USD 1 miliar atau Rp. 14,39 triliun, Ankiti Bose tidak ingin sukses sendirian. Melalui Zilingo, start up fesyen yang dibesutnya pada 2014 ini, ia memberikan dukungan pada para enterpreneur wanita. 


Sebagai CEO muda dan sukses, alih-alih ingin bersenang-senang dan kehidupan glamor, dia lebih memilih menggunakan jabatannya itu sebagai peluang untuk mendorong kemajuan bagi para calon pemimpin wanita lainnya.


Mantan analis investasi asal India ini mengatakan bahwa banyak orang yang tak seberuntung dirinya yang mendapat partner dan tim yang mempercayai dan mendukungnya tanpa melihat gender. Oleh karenanya perempuan berusia 27 tahun ini ingin menjembatani kesenjangan yang menghambat para wanita untuk sukses, khususnya di bidang teknologi di Asia. Dengan 50 persen kepemimpinan di Zilingo yang berada di tangan wanita, Bose memastikan bahwa harapannya bisa terwujud.


Meski demikian, untuk mencapai tujuan tersebut tidak mudah. Bose terus mengedukasi para perempuan untuk proaktif, baik dalam hal bimbingan atau pengakuan. Sebab, menurutnya kebanyakan wanita menghindar dari peluang. “Penting untuk meminta bantuan ... dan juga penting untuk meminta apa yang menurut Anda pantas Anda dapatkan, ujar Bose sebagaimana dilansir oleh CNBC.com.


Para wanita saat ini masih langka di dunia startup global. Menurut data dari Pitchbook pada Mei tahun lalu, dari 239 startup yang didukung modal ventura di seluruh dunia bernilai setidaknya $1 miliar, hanya 10 persen yang pendirinya seorang wanita.


Bose sekarang menjadi bagian dari kelompok pendiri di Asia Tenggara yang memanfaatkan smartphone untuk menjalankan bisnisnya. Belanja online di wilayah tersebut mencapai $23 miliar pada tahun 2018, menurut sebuah laporan oleh Google dan Temasek. Diperkirakan akan melebihi $100 miliar pada tahun 2025.


Zilingo sejak awal didirikan telah menjalankan visinya membantu pedagang kecil menjual kepada konsumen. Ada ribuan penjual kecil yang tidak memiliki akses pada teknologi, modal, dan skala ekonomi. Zilingo menyadari fakta  tersebut, peduli, dan memberikan solusi. Hal itulah yang membuat mereka kini menjadi makin eksis dan diperhitungkan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA