Kamis, H / 28 Maret 2024

Ubah Laku Penilaian Akhir Tahun

Kamis 16 Jun 2022 07:02 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin


ESQNews.id, JAKARTA - Saya menjadi pengawas penilaian akhir tahun SMP Tahun 2022. Ada lima belasan murid. Salah satunya berinisial AF.


Ia sangat nyentrik. Perilakunya berubah-ubah. Gayanya eksentrik, aneh, alias tidak wajar. Duduknya kayak di warung kopi. Kancing bajunya terbuka, sehingga sebagian dadanya nampak.


Ia menyeletuk bahwa ruang kelas panas. Maklumlah, kipas mati karena pemadaman listrik. Ia bahkan merengek diijinkan mengumpulkan lembar jawaban, walaupun masih ada waktu setengah jam.


<more>


Saya bilang, "Boleh, asalkan jawaban lengkap dan tepat." Ia pun dengan kepercayaan diri menghadap saya.


Saya mengecek identitas dan hasilnya. Ada tulisan Affandi, Penjasorkes dan BCA. Saya (S) menanya dengan santai. AF (A) menjawab asal bunyi alias asbun. Berikut ini daftar tanya jawab kami:


S : Siapa Affandi?

A : Tidak tau, belum diberitahu ibu

S : Apa Penjasorkes itu?

A : Tidak mengerti

S : Apa maksud dari BCA?

A : Bank Cicilan Arang


Selanjutnya saya menahan tawa dan bergumam. Affandi merupakan pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionis dan romantismenya yang khas.  Sementara Penjasorkes adalah singkatan dari mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan. Adapun BCA singkatan dari Bank Central Asia. Ia manggut-manggut.


Akhirnya saat mata ujian prakarya, AF ada perubahan laku. Ia tidak buru-buru mengerjakan penilaian akhir tahun. Ia kapok diuji lisan. Saya berharap semoga ia mendapat petunjuk ke jalan yang benar. Yaitu jalan yang ditempuh oleh orang yang telah diberi nikmat seperti para pecinta kebenaran dan para syuhada.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA