Jumat, H / 29 Maret 2024

Timur Indonesia Diguncang Gempabumi Beruntun

Selasa 25 Jun 2019 10:55 WIB

Reporter :Redaksi

Titik gempa Papua, Senin (24/6).

Foto: Twitter @infoBMKG

titik gempabumi dengan kekuatan paling besar 7.7 SR diakibatkan oleh aktivitas subduksi Laut Banda.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault)," ujar dia dalam keterangan pers, Senin (24/6) di Jakarta.


Rahmat menjelaskan, gempabumi tersebut dirasakan di beberapa daerah. Beberapa diantaranya adalah Saumlaki V MMI, Tual III-IV MMI, Subawa dan Sorong III MMI, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya II MMI.


-Presiden Lambat Respon Aspirasi Korban Gempa

-Gempabumi 6,7 SR Berpusat di Manggarai


"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," jelas Rahmat.


Dia juga menjelaskan, meskipun gempabumi dengan angka yang besar tersebut berada di tengah laut, akan tetapi tidak menimbulkan ancaman tsunami. Hal tersebut berasal dari hasil pemodelan gempabumi.


BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap isu liar yang menyebar lewat pesan singkat ataupun internet. BMKG meminta masyarakat memantau informasi resmi dari BMKG.


-Gempabumi Merambat ke Sumatera

-Setelah Jepang, Papua Diguncang Gempa 6,5 SR


"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android "Info BMKG").


<<< sebelumnya


[1] [2]


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA