Minggu, H / 29 Januari 2023

Sungkeman Ke Orang Tua, Agar Mudik Lebih Bermakna (2)

Kamis 16 May 2019 11:55 WIB

Author :Ida S Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

Ketika anak-anak telah hidup terpisah dari orang tuanya, di satu sisi akan melegakan orang tua karena mereka telah dapat hidup mandiri. Namun di sisi lain orang tua seringkali merasa kesepian karena sudah ditinggal anak-anaknya. Mengunjungi mereka secara insidental pada hari biasa terutama saat hari besar atau hari raya akan sangat membahagiakannya. Beberapa hal yang perlu dilakukan saat berkunjung:


Mempersiapkan kunjungan

Seringkali cara pandang seorang anak pada orang tuanya tidak berubah meski waktu terus berjalan sehingga fisik maupun psikisnya sudah banyak berubah. Perubahan itu karana berjalan sangat perlahan sehingga seringkali tidak terasa. Anak tetap menganggap orang tuanya sebagai sosok yang di satu sisi akan melegakan orang tua karena mereka telah dapat hidup mandiri. Namun di sisi lain orang tua seringkali merasa kesepian karena sudah ditinggal anak-anaknya. Mengunjungi mereka secara insidental pada hari biasa terutama saat hari besar atau hari raya akan sangat membahagiakannya.


Berbuat baik dengan tidak menyinggung perasaan mereka 

Apabila seseorang sudah mulai lanjut usia maka umumnya perasaan mereka lebih peka dan gampang tersinggung. Oleh karena itu ajaran Islam menetapkan bahwa sekedar mengucapkan “ah” saja pun dilarang, apalagi membentak dan melawan mereka. Apapun yang mereka lakukan terhadap kita, maka kita hanya boleh mengucapkan perkataan yang mulia saja. Ini adalah ketetapan Allah SWT. 


Berbuat baik dengan mendoakannya dan memintakan ampun untuk mereka

Salah satu bentuk kebaikan yang juga penting kita lakukan adalah dengan selalu memanjatkan doa kepada untuk kebaikan mereka, serta memintakan ampunan atas dosa-dosa yang mungkin pernah mereka lakukan.


Berbuat baik dengan memberikan waktu, perhatian, dan pelayanan

Sebagai wujud kasih sayang pada kita dapat membuktikannya dengan memberikan waktu, perhatian, dan pelayanan. Tiga unsur ini sangat penting, dapat mengusir rasa sepi, dan bahkan memberi kebahagiaan pada orangtua.


Berbuat baik dengan harta

Dan yang juga tidak boleh dilupakan adalah memberikan nafkah kepada orang tua. Ini adalah perbuatan yang sangat besar pahala di mata Allah SWT. Karena kalau mau dihitung-hitung, tidaklah akan pernah terbalas jasa-jasa mereka. Pemberian tidak selalu berkonotasi uang, namun bisa juga berupa benda atau makanan kesukaan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA