Minggu, H / 29 Januari 2023

Siswa-Siswi MIM 1 Kendalkemlagi Dibiasakan untuk Menyempurnakan Wudhu

Rabu 27 Jul 2022 08:54 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Fahrurrozi

Oleh: Fahrurrozi, S.Pd.I


ESQNews.id, JAKARTA - Matahari mulai bersinar hangat ke permukaan bumi. Temaram sinarnya menyela menembus celah dedaunan di sekitar Madrasah. Pagi itu sekitar pukul 06:15 waktu setempat,  siswa-siswi MI Muhammadiyah Kendalkemlagi Karanggeneng Lamongan mulai berdatangan ke Madrasah sambil mengayuh sepeda. Ada juga yang berjalan kaki lantaran rumahnya dekat dengan madrasah.


Setelah sepeda terparkir rapi, siswa-siswi melakukan tugas harian seperti piket kebersihan kelas, halaman, kantor, teras bahkan Mushola Madrasah. Secara bergilir anak-anak melakukan bersih-bersih hingga pukul 06:45 menit.


Selanjutnya anak-anak mulai beranjak dari kelas, dan sudut-sudut halaman serta bangunan ubin tempat duduk menuju tempat wudhu untuk sholat dhuha sambil di pantau oleh bapak ibu guru. Anak-anak pun mengantre bergiliran untuk berwudhu.


Sebagian lagi ada yang membenahi lengan baju yang terkunci dengan kancingnya untuk disingsingkan sampai di atas siku. Tak jarang anak-anak kelas satu  kesulitan melakukannya. Terkadang tak segan sang anak meminta bantuan kepada bapak ibu guru.


<more>


Selang beberapa saat  anak-anak berwudhu,  bapak ibu guru mengambil peran untuk mengawasi setiap gerakan cara membasuh bagian wudhu. Hampir tidak satu siswa pun yang terlewati.


Bapak dan ibu guru pun sering mengingatkan kepada anak-anak, "Coba diperhatikan anak-anak..! wudhunya yang baik dan sempurna ya!, Karena sempurnanya wudhu bagian dari syarat syahnya sholat," kata sang guru.


Guru pun sering mengambil inisiatif untuk memberikan contoh langsung. Suatu saat ada guru yang memberhentikan wudhu sang siswa karena kedapatan berwudhu secara serampangan. Sambil tersenyum guru berkata; "Coba lihat Wudhunya pak guru ya!, setelah itu di ikuti..!" Siswa pun mengikutinya dengan baik.


Kebiasaan berwudhu dengan sempurna menjadi kunci sukses dalam beribadah, Rasulullah SAW bersabda, "Sempurnakanlah wudhumu."


Lagian Rasulullah memberikan contoh berwudhu kepada sahabatnya. Maka, kewajiban guru adalah mengajarkan dan memberikan contoh tata cara berwudhu yang benar menurut syariat agama Islam kepada peserta didik.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA