Minggu, H / 29 Januari 2023

Sholat Dhuha di MI Muhammadiyah Kendalkemlagi Sebagai Kegiatan Pembuka Sebelum Proses Pembelajaran di Mulai

Kamis 28 Jul 2022 10:03 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Fahrurrozi

Oleh: Fahrurrozi, S.Pd.I


ESQNews.id, JAKARTA - Pagi yang cerah hari ini penuh keceriaan, melihat siswa-siswi MI Muhammadiyah Kendalkemlagi Kecamatan Karanggenenga Kabupaten Lamongan mulai datang memasuki lingkungan Madrasah, silih berganti mereka datang, ada yang berombongan dan ada pula yang sendiri. Pagi itu sekitar pukul 06 :10 waktu setempat, terlihat anak-anak menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan jadwal piket hari itu.


Matahari mulai naik sepenggalahan, anak-anak yang menjalankan tugas piket telah selesai, petugas guru piket yang terjadwal adalah bapak Ahmad Zulham Andrianto, S.Kom,. memberikan komando kepada anak-anak sambil menyeru, ”Anak-anak saatnya untuk melaksanakan sholat dhuha!” Tak butuh waktu yang lama anak-anak pun menuju ke tempat berwudhu. Mereka secara bergiliran untuk mengambil  air wudhu.


Setelah melaksanakan wudhu, anak-anak menyusun barisan dengan tertib, bapak ibu guru membantu dan mengarahkan kepada anak-anak agar mengisi barisan yang masih kosong dan merapatkan barisan, setelah itu bapak Ahmad Zulham Andrianto mengimami anak-anak, setelah selesai sholat tak lupa do’a di ucapkan, yaitu do’a kepada orang tua, do’a diterimanya amal kebaikan, do’a meminta ilmu yang bermanfaat serta do’a minta rejeki.


Setelah sholat dhuha usai, tak lupa salah Seorang guru berkesempatan  memberikan spirit imaniyah yang menggugah semangat anak-anak untuk selalu menunaikan sholat dhuha.


“Banyak manfaatnya ketika kita tunaikan sholat dhuha," katanya.


Sang guru pun menjelaskan bahwa manfaat sholat dhuha yaitu dapat menggantikan kewajiban sedekah seluruh persendian, sebagaimana hadits dari Abu Dzar bahwa Nabi Muhammad Sallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,”Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah”.


<more>


Lantas beliau melanjutkan pertanyaan kepada anak-anak, “Berapa jumlah persendian yang kita miliki?”


Jawaban dari para murid pun beragam, ada yang menjawab tiga puluh, seratus, delapan puluh. Sang guru pun melanjutkan kalimatnya, “Persendian yang dimiliki oleh manusia jumlahnya ada 360."


Lantas sang guru mengutip hadits dari Aisyah radliyallahu ‘anha, “Sesungguhnya setiap manusia keturunan adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian."


"Hal ini di jelaskan dalam hadits riwayat imam Muslim," pungkas sang guru.


Beliau pun melanjutkan pertanyaan kepada anak-anak, “Berapa rakaat sholat dhuha yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wasallam?” Lantas anak-anak menjawab serempak, “dua rakaat."


Sambil tersenyum sang guru pun menuturkan, “Anak-anak, Nabi kita sering melakukan sholat dhuha delapan rakaat, namun kita seringnya hanya dua rakaat. Anak-anak juga boleh mengerjakan empat rakaat, enam rakaat atau bahkan delapan rakaat sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah. Untuk itu yang terpenting bagi kita anak-anak marilah kita biasakan untuk melaksanakan sholat dhuha setiap hari walaupun hukum sholat dhuha itu sunnah," tutur sang guru.


"Dan ingat, dengan sholat dhuha akan diberikan kecukupan oleh Allah dan rejeki yang penuh keberkahan, jika seorang pelajar, maka akan diberikan kemudahan dan keberkahan ilmu yang dipelajarinya dengan izin Allah Subhanahu Wata’ala," sambungnya.


Dan kegiatan sholat dhuha berakhir, peserta didik membubarkan diri dengan tertib menuju kelasnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA