Kamis, H / 02 Mei 2024

Seperti Apa Kanker Darah? Kenali Gejalanya

Minggu 17 Sep 2023 10:39 WIB

Reporter :Redaksi

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memegang kening istrinya, Any Yudhoyono

Foto: Twitter


ESQNews.id, JAKARTA - Kanker darah menjadi pembicaraan setelah istri presiden keenam Republik Indonesia, Ani Yudhoyono terserang penyakit tersebut. Ani Yudhoyono didiagnosa terserang kanker darah setelah mendapat perawatan dari dokter kepresidenan minggu ini.


Ani Yudhoyono kemudian dirujuk ke Rumah Sakit yang ada di Singapura untuk menjalani perawatan yang lebih intensif. Berikut adalah fakta tentang kanker darah yang perlu diketahui.


1. Jenis Kanker Darah


Ada tiga jenis kanker darah, yang paling sering dikenal oleh masyarakat kita adalah Leukimia atau kanker sel darah putih. Kedua adalah Limfoma yang mempengaruhi  kinerja kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang. Sedangkan yang ketiga adalah Myeloma yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap infeksi.


Baca juga: SBY mohon doa kesembuhan untuk Any Yudhoyono


2. Gejala dan tanda kanker darah


Dilansir dari Hellosehat.com, ada berbagai gejala kanker darah untuk penderitanya. Tanda tersebut mulai dari tanda biasa seperti Anemia, darah sukar membeku, mimisan, gusi berdarah, rentan terkena infeksi.


Sedangkan untuk gejala yang sudah berat dari gangguan saraf, muncul darah saat buang air besar, muntah-muntah hingga kaki membengkak.


Jika sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA