Senin, H / 15 Juli 2024

Sensei Matsuzaki Berikan Ijasah Karate DAN 5 untuk Ary Ginanjar Agustian

Senin 04 Apr 2022 21:07 WIB

Reporter :EDQP

Sebelah Kiri layar Ary Ginanjar Agustian, Kanan Sensei Matsuzaki

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Souke Horyu S. Matsuzaki, Guru Besar Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) memberikan Ijasah Karate DAN 5 serta RENSHI (tanda jasa) untuk Ary Ginanjar Agustian, Founder ESQ Group pada 4 April 2022 di PT Ryowa International Jakarta. Sampai saat ini, jumlah anggota KKI adalah 2,2 juta orang.


Pria yang akrab disapa Sensei Matsuzaki tersebut mengatakan, “Menjadi Karate Do itu harus banyak belajar. Dan yang paling utamanya yaitu harus menyayangi orang, kasiani orang.”




Hal ini sejalan dengan motto hidupnya yakni dari kata“TERIMAKASIH”, yang mendasari pengabdian beliau dalam melatih ilmu bela diri ini. Beliau menjabarkannya dalam pengertian sederhana bahwa kita menerima sesuatu dari Tuhan (TERIMA) maka tugas kita adalah memberikannya kepada yang lain, berbagi tanpa mengharapkan imbalan apapun (KASIH). Motto ini selalu bergaung dalam perjalanan kehidupan beliau sehingga selalu tampil sebagai sosok yang sederhana dan berhati mulia.




Ary Ginanjar pun mengiyakan hal tersebut, ia terlihat menganggukan kepalanya sembari mendengarkan arahan dari gurundanya dengan santun.


<more>


Motivator Indonesia itu merasa bersyukur karena bertemu dengan orang-orang yang memiliki jiwa positif, serta merasa bahagia mendapat kehormatan DAN V Karate Do juga RENSHI. Ary mendapatkan tingkatan karate DAN tertinggi yakni DAN 5 – Godan. DAN biasanya sebutan untuk yang mengenakan sabuk hitam. Warna hitam merupakan tingkatan tertinggi yang ada di karate.




Hitam dipilih karena melambangkan keteguhan dan percaya diri. Jika seorang karateka sudah mencapai sabuk hitam, maka akan ada beberapa tingkatan lagi. Biasanya akan dimulai dari DAN 1 dan seterusnya.


“Alhamdulilllah dengan segala kerendahan hati seraya saya kepala merunduk dalam, hari ini kami mendapat kehormatan DAN V Karate Do serta RENSHI ( tanda jasa ) dari Soke Horyu Matzuzaki Dan X pendiri KKI (Kushin Ryu Karate Do Indonesia) bersama Sensei Anang,” ungkap Ary dengan tersenyum.


Ia berharap, “Semoga bisa bermanfaat dan memberi semangat Karate Do atau Jalan Hidup karate yang menyayangi sesama dan menolong sesama dan tunduk kepada Tuhan Yang Maha Pengasih."




Sebelumnya, tokoh pembangunan karakter tersebut pernah menjadi atlit di PON XII tahun 1988 dan meraih medali perak. Kemudian mendapat medali perunggu di World Championship Samurai.




Sebagai informasi, Kyokushin merupakan salah satu aliran yang ada dalam karate. Dalam aliran Kyokushin tingkatan sabuk dibagi menjadi dua bagian, KYU dan DAN. KYU merupakan tingkatan sabuk berwarna, sedangkan DAN adalah tingkatan sabuk hitam. DAN ini diperoleh setelah melewati 10 tingkatan KYU.


Jika sudah menyelesaikan tingkatan KYU yang di mulai dari angka 10, maka untuk sabuk DAN, tingkatannya di mulai dari angka 1.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA