Minggu, H / 14 Juli 2024

Seminar Perdana Rahasia Mengajar ESQ Kalsel : Enjoy, Easy, Excellent

Rabu 06 Feb 2019 12:07 WIB

Reporter :Denny Kurniawan

Suasana seminar Rahasia Mengajar ala ESQ di Banjarbaru, Kalsel (5/2/2019)

Foto: dok. ESQ


ESQNews.id, BANJARBARU – Seminar Rahasia Mengajar ESQ yang diselenggarakan oleh Perwakilan ESQ Kalimantan Selatan di Hotel Roditha Banjarbaru pada Selasa (5/2/2019), sangat menarik perhatian guru dan dosen. Buktinya, banyak peminat guru dan dosen yang mengikuti seminar ini, tercatat 135 peserta yang daftar di batch 1 ini dan dipandu langsung oleh Denny Kurniawan, Trainer ESQ Lisensi Ary Ginanjar Agustian sekaligus Business Development Manager ESQ Kalsel.

 

Ketertarikan para guru dan dosen mengikuti seminar ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang metode pengajaran ala ESQ. Lembaga training ESQ sudah cukup lama dikenal oleh berbagai masyarakat Indonesia, hingga ke luar negeri. Tak ayal, ESQ ingin berbagi pengalaman mengajar ala trainer dan sedikit memberikan rahasia gaya trainer, yang selama ini sudah jutaan orang mengikuti trainingnya.

 


Harapan para guru dan dosen yang mengikuti seminar ini mendapatkan sesuatu agar bisa diterapkan kepada peserta didiknya. Dari apa yang mereka sampaikan, para peserta yang mayoritas guru ini, mengharapkan agar kelak menjadi guru terbaik dan teladan bagi murid-muridnya. Guru yang bisa mengarahkan dan mendidik agar muridnya menjadi anak yang sholeh. Para guru juga berharap mendapatkan ilmu, tips dan metode pengajaran ala ESQ, tidak hanya menjadi guru tetapi juga seorang trainer dan harapan terakhir mengikuti seminar ini, agar semangat dan ruh menjadi guru selalu ada. Kebahagiaan guru tatkala sang murid bisa berhasil, lulus dan sukses melebihi gurunya.

 

Menurut Denny, “Dalam menjalani profesi sebagai guru maka terlebih dahulu ia harus diawali dengan menemukan sebuah alasan yang kuat (Strong Why). Semakin kuat, besar dan mulia strong why nya semakin kuat mendorong motivasinya sebagai seorang guru. Hal ini sangat penting kita renungi. Sebab, menjadi guru adalah profesi yang mulia,” pungkasnya.

 

Rahasia Mengajar ESQ yaitu 3E. Pertama adalah ENJOY. Membuat peserta, audiens, atau murid senang, bahagia dengan melakukan berbagai macam tehnik. Diantaranya dengan tepuk tangan, diiringi dengan suara musik, ice breaking, games, dan kemampuan public speaking yang prima.

 

Kedua, EASY. Materi yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dicerna, gesture yang luwes, tidak kaku, diperkuat dengan gambar, video dan slide agar para siswa mudah menangkap pesan materi.

 <more>

Ketiga, EXCELLENT. Selain menguasai materi, kondisi biologis dan psikis guru harus tampil prima. Mulai dari penampilan, suara, gesture, dan ekspresi harus optimal. Dengan cara ini, guru akan mudah menyampaikan materi dan pesan akan mudah ditangkap oleh siswa.

 

Coach Denny Kurniawan juga menambahkan, “Seorang guru tidak hanya menguasai berbagai approach methode, seperti case studies, role play, penggunaan multimedia, games, story telling, simulation, dan quiz.  Namun juga seorang guru harus bisa menguasai brain wave (gelombang otak) pada murid. Seperti gelombang Beta state, gelombang normal. Alfa state, theta dan delta state. Guru bisa memainkan peran saat melihat kondisi murid dalam gelombang otak seperti apa. Seorang guru juga harus membangun mental state. Membangun sikap mental sebelum mengajar. Dari bad feeling to good feeling, sehingga berpengaruh kepada gerak, kata dan fokus,” ujarnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA