Minggu, H / 29 Januari 2023

Ratusan Guru TK dan PAUD Kota Banjarbaru Dibekali Training ESQ

Jumat 07 Dec 2018 19:00 WIB

Reporter :Bahri Abdullah Editor: Titin Nuryani L. Wiyono

Suasana training ESQ Guru TK dan PAUD se-Banjarbaru di Balaikota Banjarbaru (5/12/2018)

Foto: dok. ESQ Kalsel

ESQNews.id, BANJARBARU - Guru-guru TK/PAUD se-Banjarbaru mengikuti training 'ESQ Personal Transformation Program’ persembahan dari Pemerintah Kota Banjarbaru pada 5-6 Desember 2018 bertempat di Aula Gawi Sabarataaan, Balai Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


Training ini diikuti oleh 250 orang Guru TK/PAUD . Dipandu oleh Trainer Denny Kurniawan dari ESQ Leadership Center dan asisten trainer oleh Bahri Abdullah, training untuk guru-guru  ini diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta.


Diketahui pula training ini sudah berjalan sebanyak 4 batch dan di tanggal 8-9 Desember 2018 adalah batch ke-5 dengan peserta dengan jumlah yang sama yaitu 250 orang Guru TK/PAUD.


Dalam kesempatan memberikan sambutan mengawali dimulainya training, Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, “Nanti ESQ akan mengajarkan bagaimana kita bisa berbahagia dimanapun posisi kita, apalagi guru ini dianugerahi dengan anak-anak yang dididiknya,” tuturnya pada Rabu (5/12/2018).



“(Guru) Menjadi orang yang luar biasa pahalanya tidak akan terputus (dengan mengajarkan) ilmu yang bermanfaat sesungguhnya ia orang yang paling bahagia di dunia dan di akhirat,” ujarnya seraya diaminkan peserta training.


“Training ESQ kali ini juga merupakan implementasi dari visi Kota Banjarbaru yakni mewujudkan SDM yang berdaya saing dan berakhlak mulia. Saya harapkan training ESQ ini berpotensi pada peningkatan kualitas moral, profesionalitas dan kualitas kerja para ASN di lingkungan pemerintah Kota Banjarbaru dalam melakukan tugas dan pelayanan publik,” jelas Walikota yang sekaligus Korwil FKA ESQ Khusus Kalimantan Selatan ini.



Guru Berperan Tentukan Karakter Anak Didiknya

Seorang guru tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga merupakan sosok yang menjadi panutan bagi anak-anak didiknya. Pekerjaan yang tidak mengenal tanda jasa ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia, yang hanya mengharap kepada anak-anak didiknya untuk menjadi generasi penerus yang unggul.


Baca Juga : ESQ Kokohkan Visi Hidup Mahasiswa Akbid Internasional Pekanbaru


Seorang guru adalah sosok pribadi yang bisa menjadi panutan dan teladan, karena dari setiap perkataan, perbuatan, dan tingkah lakunya akan menjadi sorot pandang bagi anak didiknya. Banyak yang mengatakan bahwa guru itu adalah seseorang yang “digugu dan ditiru”. Artinya orang yang memiliki kharisma dan wibawa yang perlu ditiru dan diteladani. Seorang guru TK/PAUD yang ideal selain memiliki kemampuan professional sesuai standar yang ditetapkan semestinya juga membekali diri dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang anak didiknya. Wawasan tersebut sangat diperlukan agar guru dapat mengenali karakteristik anak didiknya dengan baik, meliputi pengenalan tentang perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, moral keagamaan, seni dan kreativitas termasuk permasalahan yang ditemui dalam berbagai aspek perkembangan tersebut.


Sejalan dengan harapan yang ingin dicapai Pemkot Banjarbaru dalam menyelengarakan training ini, materi yang dibawakan adalah untuk membekali guru agar selalu menanamkan betapa pentingnya membangun karakter diri seorang siswa, dan para guru memiliki mental yang kuat dalam membangun generasi emas bangsa.

 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA