Senin, H / 08 Agustus 2022

Program Studi Jarang Peminatnya, Justru Mempunyai Masa Depan yang Gemilang

Rabu 12 Jun 2019 10:30 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Tujuan masuk dunia perkuliahan adalah mencari jurusan yang tepat sesuai passion sebagai bekal untuk karier kelak. Namun banyak juga siswa yang terjebak akibat salah masuk jurusan dengan alasan “Yang penting kuliah, bisa masuk  perguruan tinggi negeri dan cari peminatnya yang sedikit agar lolos seleksi”.

 

Lalu menurut TribunStyle.com ada beberapa jurusan yang terdaftar di kampus negeri, yang jarang peminatnya bisa berpotensi mendapatkan gaji yang menggiurkan di dunia kerja, bagaimana bisa seperti itu?

 

Beberapa Program Studi yang agak asing bagi mayoritas orang, namun peluang masa depannya sangat gemilang:

 

. Teknik Material - Universitas Malikussaleh

Pada tahun 2018 tak ada peminat di jurusan tersebut, namun di SBMPTN 2019 ada 55 kursi untuk mahasiswa yang diterima dalam program studi ini. Teknik Material adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang serba serbi materi mulai dari struktur, sifat, interaksi dan lainnya. Lulusan dari prodi ini nantinya diharapkan untuk menjadi seorang ahli Teknik Material yang mampu membuat dan merekayasa material sehingga dihasilkan material yang unggul dan berdaya-guna tinggi.

 

. Sains Aktuaria - Institut Teknologi Sumatera

Tahun 2018 tak ada peminat sama sekali, namun di SBMPTN 2019 menyediakan kursi hingga 75 untuk mahasiswa baru. Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Di dalam maupun luar negeri profesi aktuaria termasuk kategori mendapatkan gaji yang sangat besar. Perusahaan asuransi kadang memerlukan beberapa atau bahkan puluhan aktuaris.


. Pengelolaan Hutan - Universitas Sebelas Maret

Banyaknya pembakaran hutan membuat bumi semakin gersang, perlu sekali adanya pelestarian hutan. Kebetulan ada program studi pengelolaan hutan dengan jenjang Diploma 3 (D3) di Universitas Sebelas Maret. Mayoritas kegiatan yaitu praktek dibanding materi misal praktek langsung cara pengelolaan hutan, pengenalan pohon beserta strukturnya, penanaman pohon dan lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA