Selasa, H / 04 Oktober 2022

Persiapan Masa Pensiun Ala Insan PT PGN Solution

Kamis 20 Jan 2022 16:20 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Sekitar 22 insan PT PGN Solution akan memasuki masa purnabaktinya. Salah satu bekal untuk mempersiapkan masa pensiun tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan dari ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP).


Kegiatan berlangsung selama 2 hari berturut-turut dari pagi hingga sore, pada 29 - 30 November 2021 secara daring melalui Zoom Meeting dan luring di Studio lantai 18 Menara 165.




Puluhan peserta didampingi oleh Coach Risman dan Coach Syaiful (Trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).


Di hari kedua, Coach Risman bertanya, “Apa yang didapatkan oleh bapak dan ibu dari pembelajaran yang sudah kami sampaikan?”


Salah satu peserta bernama Sentot merespon dan mengatakan, “Karena sudah mengikuti ESQ MPP ini, kita harus siap menghadapi segala keadaan saat pensiun. Kita harus tetap semangat dan tentunya sehat sejahtera."




Mengapa pembelajaran Masa Persiapan Pensiun ini penting? Karena ESQ MPP telah melakukan survey terhadap 2836 pegawai yang akan memasuki pensiun dari berbagai instansi dan perusahaan, periode 2016 - 2021, hasilnya menunjukan 58% pegawai mengalami Cemas bahkan Panik (Post Power Syndrome), yang 51% didominasi oleh Faktor Mental (Psikologis).


Pensiun adalah sebuah episode akhir karir kerja, siap tidak siap tetap akan dihadapi. Kecemasan akan pensiun tidak berarti hal negatif, bila dikelola dengan baik, justru akan menjadi pendorong untuk menghantarkan pada persiapan dan perencanaan dalam menyiapkan masa pensiun yang Bahagia, Sehat dan Sejahtera.


Lalu, persiapan pensiun seperti apa?


Kondisi Mental yang baik, tentunya itu pondasinya, sehingga apapun episode hidup yang dihadapi, penyikapannya akan selalu positif dan bijaksana (Wisdom Living). Hal itu tentunya berawal dari keyakinan yang dibangun, bersumber dari ilmu dan pengetahuan yang baik dan benar, sehingga terbangunlah kondisi mental dan sudut pandang (Mindset) yang baik.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA