Rabu, H / 25 Mei 2022

Pengukuran AKHLAK pada Individu di Askrindo

Jumat 05 Nov 2021 12:25 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Assessment Center merupakan salah satu program unggulan dari ACT Consulting, untuk memetakan kompetensi dan juga implementasi AKHLAK pada individu. Metode ini bertujuan untuk memetakan kompetensi individu sesuai Core Values Amanah-Kompeten-Harmonis-Loyal-Adaptif-Kolaboratif atau AKHLAK pada individu, sesuai dengan tingkat jabatannya saat ini. Hasil dari pemetaan tersebut dapat digunakan sebagai dasar penentuan program pelatihan yang diperlukan serta sebagai  dasar penempatan, promosi maupun transfer pekerja.

Beberapa hal atau informasi yang diperoleh dari metode ini antara lain potensi individu, kompetensi individu, gap yang terjadi antara kompetensi saat ini dengan standard kompetensi ideal dan standard kompetensi minimum. Potensi dan kompetensi individu yang dimaksud di sini bukan hanya yang bersifat teknikal namun juga dalam hal kepemimpinan serta sikap kerja yang mengacu pada Core Values Amanah-Kompeten-Harmonis-Loyal-Adaptif-Kolaboratif atau AKHLAK.  Selain itu, individu serta perusahaan dapat memiliki dasar pertimbangan untuk pengembangan karir, promosi, program pembinaan dan pemberdayaan serta masih banyak lagi. Assessment Center dari ACT Consulting ini juga merupakan suatu metode yang dapat mempredikasi keberhasilan individu untuk menjalankan tugas pada jabatan di masa mendatang, melalui serangkaian simulasi.

<more>

Metode Assessment Center dilakukan dengan mengkombinasikan 3 simulasi, yang mendekati situasi kerja riil di lapangan, antara lain In-Tray, Behavioral Event Interview, serta Leaderless Group Discussion. Tujuan simulasi tersebut adalah melihat atau menilai perilaku yang muncul dan kemudian dilihat gapnya terhadap standard kompetensi yang diharapkan.

Simulasi In-Tray atau In-Basket bertujuan mengukur kemampuan analisis, membuat keputusan, merencanakan dan mengorganisasikan pekerjaan melalui rangkaian dokumen yang diujikan seperti memo, surat masuk, pesan telepon, disposisi pimpinan dan sebagainya. Kemudian, peserta melakukan simulasi Behavioral Event Interview. Tujuannya yaitu untuk mengukur kemampuan personal, membuat sebuah usaha atau cara yang halus dalam mempengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain. Simulasi ini juga bisa untuk memperoleh data/informasi mengenai tingkat kompetensi yang dimiliki individu melalui pendekatan situasi, aksi, dan hasil. 

Terakhir adalah simulasi Leaderless Group Discussion. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam kepemimpinannya, mengukur seseorang dalam memecahkan permasalah serta cara bekerja sama dengan tim. Saat simulasi ini, masing-masing peserta mengerjakan studi kasus. Kemudian mendiskusikan beberapa soal sehingga jawaban atau hasil yang didapatkan merupakan kesepakatan bersama.





Program Assessment Center oleh ACT Consulting ini telah diikuti oleh beberapa Perusahaan BUMN beserta Anak Perusahaannya (Anper), salah satunya adalah PT Asuransi Kredit Indonesia atau disingkat Askrindo. Program tersebut akan dilaksanakan per tanggal 26 Oktober - 26 November 2021 secara bertahap setiap angkatannya. Selama sebulan, 1074 insan Askrindo akan mengikuti kegiatan ini.

Salah satu dari rangkaian kegiatan ini Program Assessment Center Batch 1 yang terselenggara secara daring pada  Selasa (26/10/2021). Kegiatan ini diikuti 40 insan Askrindo dari Kanwil I. Peserta berdomisili dari DKI Jakarta. Sesuai harapan Askrindo, ingin mengetahui implementasi AKHLAK secara individu.

Aji Bhirawa salah satu tim ACT Consulting sekaligus psikolog bersama Rizka (project leader) memandu jalannya acara.










Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA