Senin, H / 28 November 2022

Pengalaman Saat Panahan

Jumat 19 Aug 2022 09:56 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Erni Fitriyah

Oleh: Erni Fitriyah (Guru SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng)


ESQNews.id, JAKARTA - Panahan adalah salah satu kegiatan ekstra yang diadakan di SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng. Tepat hari Selasa siang usai siswa-siswi latihan, saya pun ingin mencoba olahraga yang disunnahkan Rasulullah tersebut. Dari situ saya mendapatkan pengalaman mengenai teknik atau cara memegang busur, posisi arrow (anak panah), cara menarik yang kuat, dan lain-lain.


Langkah pertama, pastikan kita berdiri tegak dengan tubuh menghadap ke kanan dan kaki sejajar tidak terlalu menutup tidak pula terlalu melebar. Setelah itu, ambil busur dan pegang dengan tangan kiri lalu ambil arrow (panah) tautkan tepat pada bagian tengah busur. Kemudian luruskan tangan kiri ke depan dan pastikan busur serta arrow benar-benar lurus pada papan sasaran.


Selanjutnya, masukkan jempol pada pangkal anak panah yang telah ditautkan, lalu kunci atau tutup dengan jari telunjuk. Setelah itu tarik dengan tangan kanan sekuat-kuatnya, lalu lepaskan tarikan tersebut biarkan anak panah meluncur dan menancap mengenai sasaran.


<more>


Pada papan sasaran panahan, terdapat beberapa gambar lintasan lingkaran. Setiap lingkaran memiliki tingkat nilai yang berbeda. Semakin memanah tepat pada titik pusaran terdalam, maka itulah yang nilainya paling besar, yakni bernilai 10.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA