Selasa, H / 04 Oktober 2022

Pembelajaran di Pekarangan

Jumat 14 Jan 2022 11:45 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Guru SMPN 1 Karanggeneng Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA - Kami telah melakukan pembelajaran tatap muka 100% mulai Senin 3/1/2022. Awalnya di dalam kelas, sebagian murid agak malas. Mereka beralasan, ruangannya lumayan panas, baunya kurang wangi dan sebagainya. Kami memakluminya. Lantaran ruangannya dalam tahap perbaikan.


Maka kami beralih ke pekarangan. Modelnya pun dari siswa diberi tahu menjadi mencari tahu dari berbagai sumber belajar. Baik dari buku maupun lingkungan sosial dan alam.


Apalagi ada banyak benda di pekarangan sekolah kami, di antaranya garasi atau tempat parkir yang memadai. Isinya mobil, motor, dan sepeda. Semuanya berperan penting dalam pembelajaran. Tanpanya pembelajaran akan terganggu. Lantaran seluruh warga sekolah membutuhkan kendaraan tersebut.


Sekolah kami juga mempunyai taman yang luas. Ada banyak pohon dan tanaman, misalnya mangga, sawo kecik, kemiri, palm, dan sebagainya. Adapula pelbagai hewan di dalamnya. Contohnya burung, laba-laba, semut, ulat, cacing, kumbang, lalat dan belalang.




Sungguh tepat. Sebab kompetensi dasar yang kudu dicapai adalah siswa dapat bercerita. Umpamanya nama barang dan hewan di sekitar sekolah. Selain itu mereka diharapkan dapat mengolah rasa. Mereka jua mampu mengamati langsung.


<more>


Walhasil peserta didik yang awalnya malas berubah trengginas atau tangkas. Hati dan pikiran tenang. Siswa betah di sekolah, tidak ingin buru-buru pulang. Pembelajaran di pekarangan memang apik, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Apalagi pembelajaran di taman sambil berwisata.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA