Kamis, H / 28 Maret 2024

Pangkalan Militer Baru Akan Dibangun Perkuat Pengamanan Natuna

Jumat 10 Jan 2020 09:32 WIB

Author :Redaksi

Pangkalan Angkatan Laut Selat Lampa, Natuna.

Foto: IG/jokowi


Menurut Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, rencana pembangunan pangkalan militer di sana telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

ESQNews.id, JAKARTA - Pemerintah akan membangun pangkalan militer di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan rencana pembangunan tersebut merupakan ide yang diajukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai salah satu upaya memperkuat pertahanan. 

"Membangun pangkalan angkatan laut di Natuna kata tadi pak Suharso Monoarfa bicara ke saya, oh bagus juga saya bilang biar hidup di sana,” kata Mahfud di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Sementara itu melansir Anadolu Agency, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengakui pembangunan tersebut akan dibahas secara teknis bersama dengan Kementerian Pertahanan. 

<more>

Menurut dia, rencana pembangunan pangkalan militer di sana telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024. Dia membantah pembangunan pangkalan tersebut menyusul adanya kasus mengenai pencurian ikan ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia oleh China.

"Itu memang perencanaan jangka menengah kta kok," kata Suharso di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta. Tidak hanya pangkalan militer kata dia, Indonesia juga akan membangun pangkalan khusus untuk kapal ikan di wilayah tersebut.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA