Selasa, H / 05 Juli 2022

OJK dan BAPPEPTI, Apa Bedanya?

Rabu 30 Mar 2022 14:01 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: experian.com

ESQNews.id, JAKARTA – Menurut laman Xaham.id, saat ini sedang hangat-hangatnya isu tentang investasi, tetapi isu tersebut menjadi tanggung jawab siapa kira-kira? BAPPEPTI atau OJK?

 

Berdasarkan definisi, BAPPEPTI adalah lembaga negara yang mengurus soal perdagangan berjangka komoditi, dengan tugas melakukan pengawasan dan pengaturan terkait perdagangan. Sementara itu, BAPPEPTI sendiri singkatan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

 

Sedangkan, OJK adalah lembaga negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.



<more>

 

Secara sederhana OJK lebih fokus pada usaha memelihara stabilitas dan menumbuhkan daya saing ekonomi Indonesia dalam cakupan sektor jasa keuangan.


Sedangkan, BAPPEPTI lebih fokus pada pengawasan dan pengaturan kegiatan perdagangan berjangka, seperti trading forex, investasi dan lain sebagainya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA