Kamis, H / 18 April 2024

Netizen Sebagai Pembentuk Opini Publik

Rabu 08 Aug 2018 11:17 WIB

Nindya Putri

Kumpul Gusdurian Jakarta

Foto: Nindya Putri

Bisa dikatakan bahwa netizen sudah berhasil membentuk opini publik.


ESQNews.id, JAKARTA - Belakangan ini, banyak berita menarik yang bersangkutan dengan maraknya tagar politik. Tagar tersebut kian menyebar luas, mempengaruhi kelompok netizen tertentu untuk turut mengampanyekan tagar serupa agar lebih sporadis dan masif.


Di belahan dunia maya lain, kelompok netizen lawan melakukan hal sama, yakni menciptakan tagar untuk menyerang kelompok sebrang. Tak kalah heboh, tagarnya langsung trending di media sosial. Dengan melihat pergerakan dua aliran besar ini bisa dikatakan bahwa netizen sudah berhasil membentuk opini publik. Netizen yang dimaksud mayoritas merupakan anak muda yang lahir di era milenial.


Tentu saja media sosial sebagai bagian dari gerakan sosial saat ini dan sarana berbagi informasi tidak bisa ditampik begitu saja. Melihat fenomena demikian, GUSDURian Jakarta membuka Forum Jumat Pertama (FJP) bertema Netizen Sebagai Pembentuk Opini Publik yang diadakan di Aula Griya Gus Dur, Jakarta, Jumat, (3/8).


Forum ini diisi oleh Cania Cittairlanie dan Hasanuddin Ali sebagai pembicara. Kedua pembicara memaparkan bahwa sudah saatnya Netizen Indonesia bisa memproduksi wacana yang berkualitas untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Terutama netizen millenial yang terkenal dengan kreativitasnya.


"Buatlah konten yang konsisten, berkualitas, dan terarah, agar bisa merebut ruang kesadaran masyarakat untuk kemudian terealisasikan dalam dunia nyata" pesan Cania pada hadirin yang kebanyakan juga netizen. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA