Jumat, H / 24 September 2021

Meningkatnya High Positive Energy di Pelindo III Sepanjang 2020, Simak Selengkapnya

Kamis 01 Apr 2021 12:07 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Tangkapan Layar

Foto: web Pelindo 3

ESQNews.id, JAKARTA - Core Values AKHLAK BUMN telah diresmikan pada Juli 2020 lalu oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Tim ACT Consulting mendampingi Kementerian BUMN dalam merumuskan 6 nilai baru yaitu Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang diterapkan di seluruh lingkup BUMN. Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Alex Denni mengakui bahwa  diresmikannya Core Values AKHLAK di BUMN, ada campur tangan dari Ary Ginanjar Agustian (President ACT Consulting).

"Tidak boleh adanya penambahan, pengurangan, serta modifikasi AKHLAK beserta panduan perilakunya. Karena BUMN sudah enggaged dengan Pak Ary Ginanjar. Namun setiap BUMN boleh menyiapkan contoh-contoh perilaku dalam bentuk apapun. Seperti buku, video, dan lainnya, " tegas Alex. 

<more>

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III sudah menerapkan panduan atau contoh perilaku tersebut di lingkungan sekitarnya. Setelah webinar sosialisasi dan internalisasi AKHLAK di Pelindo III digelar pada Juli 2020 yang lalu, dan mendapatkan rekor MURI tingkat internasional dalam kategori
"Sosialisasi etos kerja baru BUMN kepada karyawan terbanyak" yaitu lebih dari 5000 orang yang join. 

Untuk itu, mereka mampu mencatat kinerja positif dalam aspek operasional kepelabuhanan. Mantan Direktur Utama Pelindo III menyebut salah satu kinerja yang berhasil melampaui target adalah arus petikemas yang mencapai 5,08 juta TEUs atau lebih 103 persen dari target 2020.



Hal ini berkat peningkatan laju ekspor-impor dan perdagangan domestik sejak Juli 2020 di sejumlah pelabuhan Pelindo III, yang juga menunjukkan perekonomian Indonesia tetap tumbuh selama pandemi.

“Kunjungan kapal pada 2020 tercapai 284 juta gross tonnage (GT) atau 98 persen. Artinya, kegiatan distribusi barang menggunakan jalur laut tetap bergeliat di tengah pandemi Covid-19,” katanya. 

Dari sisi arus barang, ia menyebut kinerja operasional Pelindo III sepanjang 2020 tercatat ada 65 juta ton atau sekitar 95% dari target. Sementara barang kemasan mencapai 117 % dari target, yaitu 2,7 juta M3 dan arus distribusi gas tercapai 11,5 juta MMBTU atau 102% dari target.

Pencapaian tersebut diraih Pelindo III dengan mengedepankan 5 prioritas Kementerian BUMN sebagai pedoman, yakni, prioritas Nilai Ekonomi dan Sosial untuk Indonesia, Inovasi Model Bisnis, Kepemimpinan Teknologi, Peningkatan Investasi, dan Pengembangan Talenta.

Dibalik keberhasilan yang diraih tak lepas dari hasil kolaborasi dengan ACT Consulting. Insan Pelindo III telah dipupuk dengan ilmu dan program yang diberikan oleh Ary Ginanjar bersama tim ACT Consulting di antaranya program internalisasi Core Values AKHLAK bagi pejabat structural leader as meaning maker, internalisasi AKHLAK living the grand why and quantum excellence, internalisasi AKHLAK "unleash AKHLAK value", Ilmu coaching skill dan lainnya. 

Walhasil, energi positif di Pelindo III pun semakin meningkat. Menurut Dwitya Agustina (VP ACT Consulting) bahwa secara keseluruhan Pelindo III Group memiliki tingkat positif energi yang high, dan mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien yakni 93,8% berada di kategori high positive energy.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA