Senin, H / 28 November 2022

Mahfud MD, Sipil Pertama di Indonesia Sebagai Menkopolhukam

Rabu 23 Oct 2019 16:50 WIB

Reporter :AA

Mahfud MD, Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju.

Foto: dok.IST



Sebagai menkopolhukam, Mahfud akan membawahi beberapa kementerian, termasuk kementerian pertahanan (kemhan) dan TNI


ESQNews.id, JAKARTA -  Mahfud MD resmi menjabat sebagai menteri koordinator politik hukum dan keamanan (menkopolhukam) setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/10/2019).

 

Mahfud merupakan sipil pertama yang menjabat menkopolhukam, Jabatan menteri ini biasanya diisi oleh kalangan militer seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Djoko Suyanto dan Wiranto. Sebagai menkopolhukam, Mahfud akan membawahi beberapa kementerian, termasuk kementerian pertahanan (kemhan) dan TNI.

<more>

Mahfud MD, yang pernah menjadi menteri pertahanan pada era Presiden Abdurrahman Wahid, mengatakan dia akan menyesuaikan diri dengan pengalaman sekaligus mengumpulkan informasi dari teman-temannya yang berlatarbelakang militer.  


"Saya pernah pimpin kemhan. Bawahan saya jenderal semua dan saya sipil. Bagusnya militer itu selalu disiplin secara hirarkis," ujar Mahfud di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (23/10/2019). Dia pun yakin anggota militer tersebut akan mengikuti perintah menterinya meski berlatarbelakang sipil. 


Mahfud mengaku mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk fokus dalam hal pemberantasan korupsi, deradikalisasi dan juga penuntasan HAM. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA