Selasa, H / 05 Juli 2022

Lasswell’s Model, Skill untuk Agent of Change di PT PUSRI

Selasa 08 Dec 2020 10:44 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – ACT Consulting gelar Program Agent of Change on Boarding "AKHLAK Start With Me" di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PUSRI) selama 2 hari pada Senin-Selasa (7-8/12/2020) live by Zoom, yang dipandu langsung oleh trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Tiko dan Coach Sandi.


PT PUSRI, salah satu anak Perusahaan dari BUMN yang kirimkan sekitar 55 pegawainya untuk training.

 

Para peserta webinar diajak Ngopi (Ngobrol Pagi) oleh Coach Sandi mengusung 2 tema yakni ‘pengalaman berharga’ dan ‘bangkitkan semangat’. Tujuannya adalah agar hati kita senantiasa lebih bersyukur lagi.

 

“Bukan ngobrol biasa saja tapi ini refreshment kita, dari dua tema tadi. Pengalaman berharga ibarat nilai-nilai yang kita bahas sebelumnya sedangkan bangkit kembali yakni sama dengan purpose,” jelas Tiko.

 

Coach Sandi memberikan top-up energi kepada insan Pusri agar lebih bersemangat mendengarkan beberapa materi yang disampaikan oleh Coach Tiko.

 


 

“Sesuai dengan yang akan kita bahas dalam forum ini. Apa sih skill yang diperlukan oleh agent of change di Pusri khususnya?” tanya Tiko.

 

Serentak puluhan peserta itu menjawab kata ‘komunikasi’, terlihat dari kolom chat zoom.

 


 

Tim ACT Consulting share sebuah permainan, yang mengilustrasikan pentingnya komunikasi dalam organisasi.

 

“Kita bisa ambil pelajaran dari game ini yakni membangun komunikasi yang baik, jangan bosan menyampaikan dengan sabar, tahan emosi,” jelas Amir, salah satu insan Pusri.

 

Komunikasi yang seharusnya yakni sesuai dengan Lasswell’s Model yang terdiri dari adanya pengirim, pesan, media, penerima, dan efek.

 

“5 unsur yang harus dipenuhi supaya komunikasi berjalan baik. Sebuah proses komunikasi itu menyampaikan pesan.”


Menurut Tiko, komunikasi menjadi tidak efektif yang berakibat kita akan saling menyalahkan, bekerja ulang, persepsi negative dan lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA