Selasa, H / 27 Februari 2024

Langkah Tanggap LK dan FKA ESQ Peduli Bencana

Selasa 09 Oct 2018 10:13 WIB

-

FKA ESQ Sulawesi Tenggara memberikan bantuan donasi untuk korban bencana gempabumi dan tsunami

Foto: ESQ Media/FKA ESQ Sultra

ESQNews.id, JAKARTA - Lembaga Kemanusian ESQ (LK ESQ) bergerak langsung dalam penanggulangan bencana. Bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu dan Donggola langsung direspon cepat oleh LK ESQ.


Manager CRO LK ESQ, Dewi mengatakan, saat ini penyaluran bencana untuk dua daerah yang terkena bencana gempabumi dan tsunami sudah dilakukan.


"Kami sudah lakukan adalah penyaluran pemberian makanan dan kebutuhan sanitasi," ujar dia saat ditemui di Menara 165, Selasa (9/10).



Dewi menjelaskan, donasi yang diberikan dari keluarga besar ESQ tersebut disalurkan dalam berbagai macam bentuk bantuan. Untuk di Lombok sendiri, LK ESQ melakukan pembangunan mushalla darurat di beberapa titik.


"Lima mushalla darurat di lima dusun di Lombok," kata dia.


Sedangkan untuk keperluan lainnya, LK ESQ bersama Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ membuat sanitasi air bersih. Hal tersebut diperlukan untuk keberlangsungan hidup yang sehat dari air yang bersih.


Palu dan Donggala


Sedangkan untuk wilayah terdampak gempabumi dan tsunami, Palu dan Donggala. FKA ESQ Sulawesi Tenggara bergerak cepat mengirimkan relawan. Dewi menjelaskan, LK ESQ bersama FKA ESQ Sultra di tanggal 1 Oktober sudah berada di lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi.


"Palu dan Donggala, kami berkoordinasi dengan Pak Jabir dan Bu Lili, ada Pak Mukhlis di Makassar untuk FKA Palu," jelas dia.


Pada 1 Oktober LK bersama FKA ESQ langsung salurkan bantuan siap saji, sembako, selimut, tikar dan tenda sejumlah seribu buah. Untuk 2 Oktober, bantuan yang sama terus dialirkan.



"6 Oktober ada 9 personil dikirimkan ke sana, dan juga relawan untuk trauma healing dan untuk sanitasi dan air bersih," jelas Dewi.


Setelah berselang beberapa hari, LK ESQ kembali mengirimkan tujuh relawan untuk distribusi logistik. Selain itu LK ESQ bersama FKA juga akan membangun mushalla darurat di dekat posko-posko tanggap darurat bencana. 


"Mushalla akan ada di Posko 1, juga di rumah ibu Dewi di FKA Palu," ujar dia.


Dewi juga melaporkan jumlah donasi yang masuk di dari LK ESQ sebesar 191 juta rupiah. Penyaluran dalam bentuk tunai ke FKA ESQ sebesar 80 juta.


"Kami mengajak untuk ikut memberikan donasi dari LK ESQ," ujar Dewi mengakhiri.


Untuk pembaca yang ingin ikut ambil bagian meringankan beban saudara kita di Palu bisa menyalurkan donasi ke Yayasan Lembaga Kemanusiaan ESQ 


Bank Syariah Mandiri; 004 0165 165



Informasi donasi bisa menghubungi LK ESQ


Telp ☎ 021-29509808 


WA? 0815 8589 7466


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA