Kamis, H / 28 Maret 2024

Kokohkan SDM-nya! Jasa Kepariwisataan (PT. Jaswita) Jabar Gandeng ESQ Lakukan MoU

Selasa 06 Jun 2023 22:53 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BANDUNG - Kota Kembang menjadi saksi adanya kolaborasi antara ESQ Leadership Center (PT. Arga Bangun Bangsa) dengan Jasa Kepariwisataan (PT. Jaswita) Jabar mengenai Sinergi Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan ESQ. Agenda itu berlangsung pada tanggal 6 Juni 2023 di Grand Hotel Preanger, Bandung, Jawa Barat.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Wahyu Nugroho Heru Cahyo (Dirut PT. Jaswita Jabar) dan Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group).





Di dalam ruangan berukuran besar, Peppy Fachrial (Direktur SDM & Keuangan), Ridha Wirahman Padmakusumah (Direktur Operasi & Komersial), H. Yossi Irianto (Komisaris Utama), H. Deden Nurul Hidayat dan H. Dandan Riza Wardana (Komisaris), Yusuf Haryasa (Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kota Bandung), Rachmat Ari Kusumanto (Wakil Ketua I Bidang Penghimpunan) hadir saksikan seremonial tersebut.





Sebagai informasi, PT. Jaswita merupakan BUMD Provinsi Jawa Barat yang bergerak pada Bidang Pariwisata, Properti & Jasa Usaha, dimana sahamnya 100% dimiliki oleh Pemprov Jabar. PT. Jaswita ini sebagai Pihak Pertama.

Sedangkan ESQ sebagai Pihak Kedua yang merupakan suatu perseroan terbatas yang bergerak di bidang jasa pelatihan kepemimpinan & manajemen sumber daya manusia berdasarkan The ESQ Way 165.


<more>


Ada beberapa maksud dan tujuan digelarnya Nota Kesepahaman ini dalam rangka menyediakan tempat Training ESQ yang berlokasi di Grand Preanger Bandung secara berkelanjutan, membangun karakter seluruh pegawai dan individu, membangun organisasi/budaya kerja profesional, membangun dan mengembangkan leadership, kerja sama program lainnya di lingkup unit bisnis ESQ Group.

Sekaligus kerja sama dengan Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ di bidang sarana dan prasarana.





Ke depan akan dilakukan Kerjasama dengan PT. Jaswita sebagai Penyelenggara (EO) untuk Training ESQ bagi semua BOD & Karyawan BUMD Jabar.

"Alhamdulillah tadi kita sudah bertemu dengan Pak Ary Ginanjar, Presdir ESQ yang mana adalah salah satu barokah untuk kita. Kami (Hotel Preanger) sudah sepakat berkolaborasi dengan ESQ, di bawah naungan Jaswita," ucap Benny Adrian, GM Grand Hotel Preanger Bandung.

"Kenapa Preanger? Karena Preanger sebagai salah satu penunjang ketika berbicara tentang keuangan yang alhamdulillah termasuk kondisi yang baik."

Diteruskan olehnya, "Tapi lebih baik itu tidak bisa dilaksanakan jika kita tidak punya fondasi. Nah apa yang ingin kita lakukan ke depan ingin membuat dahulu fondasi yang lebih baik di tatanan jajaran Direksi Preanger sendiri agar bisa membawa perusahaan ke depannya.

"Sekali lagi terima kasih ESQ bisa lebih baik dan dapat berkolaborasi menjadi lebih baik."



Sedangkan, Peppy Fachrial menjelaskan alasannya bekerjasama dengan ESQ. Ia katakan, ingin memperbaiki fondasinya terlebih dulu agar kokoh perusahaannya dan yang paling utama adalah integritas.

"Mengapa penting membangun ini semua? Itu yang disebut grand why, jadi harus punya tujuan dalam hidup. Untuk mencapai itu kita harus berintegritas. Jadi ketika kita punya tujuan, membawa Jaswita itu sebagai connecting the life of pariwisata yang ada di Jawa Barat otomatis orang orang yang ada di dalamnya ya harus berintegritas dulu."

Setelah berintegritas dilanjutkan dengan core values lainnya seperti komitmen yang kami miliki yaitu profesional tindakanku, visioner pikiranku, sinergi caraku, akuntabilitas prinsipku.




Oleh sebab itu, untuk memperkokoh fondasi Jaswita, Pria yang juga sebagai Alumni ESQ di tahun 2003 itu menghimbau kepada para pimpinan atau Direksi di Jaswita untuk mengikuti pelatihan dari ESQ.

"Untuk menyamakan frekuensi atau mindset dulu, untuk memberikan hidayah yang datangnya dari hati. Jadi mengapa harus dari para pimpinannya yang diberikan pelatihan, supaya kita sebagai leader itu memberikan contoh.





Sampai akhirnya dalam keseharian semua anggota yang ada di Jaswita Jabar bisa memaknai arti daripada 5 nilai yang ada di Jaswita dan nilai nilai dari ESQ," tambahnya.

Peppy juga mengucapkan, "Terimakasih Pak Ary Ginanjar atas supportnya selama ini. Beliau adalah guru saya. Dan Saya ingin menyebarkan nilai nilai ESQ itu kepada seluruh umat bangsa agar bisa mencapai cita cita kita bersama yaitu Indonesia Emas 2045."





"Kita akan memaksimalkan apa yang kita miliki. Seluruh Indonesia ini harus tahu bahwa kita ada yang namanua ESQ menara 165. Dan saya akan bantu penyebarannya dimulai dari BUMD ini."

"Jadi harapannya teman teman bisa komitmen ya. Karena beribu ribu hotel di Indonesia, hanya Preanger Jaswita yang luar biasa."

Tanda semangatnya dari leader Jaswita ini, Peppy mengucapkan yel yel, "Jaswita Jabar....pagi...pagi pagi! Luar biasa...sangat semangat! Jaswita Jabar...berkah..."



Ary Ginanjar berikan tipsnya agar PT. Jaswita Jabar ini bisa bertahan hingga 1000 tahun, bahkan bisa world class company (world class hotel).

"Ada sebuah riset dari Arie De Geus yang mengatakan bahwa perusahaan yang mampu bertahan hingga 1000 tahun itu karena mereka punya core values dan core purpose."

Pendiri Menara 165 itu memberikan contoh dari negara Korea yang memiliki core purpose yaitu Urinara (Demi Bangsaku) sedangkan core valuesnya adalah diligence, self help, cooperation.

"Itu yang membuat Korea tetap maju, bertahan hingga saat ini."





Ary katakan, "Jadi kalau ingin membangun Jaswita harus punya Fondasinya. Kalau Pak Peppy bilang yaitu integritas. Kemudian tiangnya yaitu integritas jiwaku, profesional tindakanku, visioner pikiranku, sinergi caraku, akuntabilitas prinsipku. Sedangkan atapnya yaa Preanger, objek wisata dari Jaswita dll."

Seperti yang dikatakan Peter Drucker yang intinya jika disambungkan dengan Jaswita adalah jika kita bicara tentang Jaswita atau Preanger. Ya kita bicara tentang perilaku staff Jaswitanya.

"Selain kuatkan fondasi, tiang dan atap. Bapak dan Ibu juga harus tahu dulu tujuan kerja di Jaswita ini untuk apa. Apakah untuk sekedar cari cuan (strong why). Agar dihormati, dapat jabatan (big why). Atau menjalankan misi sebagai pengabdian kepada Tuhan (grand why)?" Tambah Ary.

Dilanjutkan, "Bapak dan Ibu juga harus punya 3 kecerdasan jika ingin bekerja di Jaswita yaitu Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual. Ketiganya udah ada di Jabar ini selaras yaitu Luhung Elmuna (IQ), Jembar Budayana (EQ), Pengkuh Agamana (SQ)."

"Untuk mendapatkan ilmu itu semua nanti ada di dalam metode training ESQ. Oleh karenanya hari ini kita adakan MoU."

Di akhir sesi, para pimpinan Jaswita memberikan respon yang positif terhadap kolaborasinya dengan ESQ.





"Saya Dita, bagian pengembangan organisasi. Saya berharap untuk kerjasama PT. Jaswita dan ESQ ini adalah di karyawannya kita lebih solid lagi, lebih mengarah ke spiritual lagi, akhirnya kita mencapai goals dengan tujuan memang Jaswita hidup lebih lama lagi (perusahaannya bertahan lama) dengan yang dibuat dan dirancang oleh ESQ."




"Saya Kalis, kepala departemen pengembangan SDM dan organisasi. Saya berterima kasih sekali atas kedatangan tim ESQ Group yang langsung didatangi oleh Pak Ary Ginanjar Agustian sebagai CEO nya. Harapan kami dengan kerjasama ini, mudah mudahan ke depannya terbentuk pelatihan pelatihan yang akan membentuk budaya yang sangat baik untuk kemajuan Jaswita Jabar. Akan ada InsyaAllah selanjutnya training regular untuk karyawan kami, dengan harap goalsnya untuk menaikkan pendapatan dan kemakmuran karyawannya sendiri."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA