Selasa, H / 26 September 2023

Kitabisa.com & ESQ Luncurkan Program Donasi Alumni ESQ-Campaign Al-Qur’an Isyarat Bagi Teman Tuli

Selasa 23 May 2023 15:53 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Dalam upaya menggiatkan kegiatan sosial dan kepedulian pada masyarakat, Kitabisa.com berkolaborasi dengan ESQ Kemanusiaan. Sebagai tanda kerjasama, diadakan Prosesi Launching Program Donasi Alumni ESQ dan Campaign Al-Qur'an Isyarat Bagi Teman Tuli. 

Seremonial tersebut menjadi salah satu agenda dari Resepsi Milad ESQ Ke-23 Tahun, yang dilaksanakan pada Minggu, 21 Mei 2023 di Granada Ballroom, Menara 165.

Ketua Umum ESQ Kemanusiaan Lea Sri Endari Irawan mengatakan bahwa sinergi ini didasari karena Teman Tuli Butuh Standar Media Literasi Al-Qur’an, Ayat-ayat suci di dalam Al-Qur’an yang tersusun rapi, mampu mendatangkan arti dan makna sebagai bimbingan serta pedoman kehidupan umat. 

“Karena Teman Tuli memperoleh masukan bahasa tidak melalui indra pendengarannya namun melalui indra visualnya,” kata wanita yang akrab disapa Bunda Lea itu.



Melihat hal itu, ESQ Kemanusiaan berencana untuk menghadirkan Mushaf Al-Qur’an Isyarat bagi para Teman Tuli. Sebanyak 10.000 muslim di seluruh Indonesia akan menjadi target penerima manfaat dari program ini.

Bunda Lea berharap, “Dengan agenda yang dilakukan ini bisa mengajak orang baik untuk membantu program ini agar bisa menyebar lebih luas lagi, di luar daerah bahkan hingga tepian negeri.”



Peluncuran program donasi disaksikan langsung oleh para tokoh dan pejabat yang ikutserta memeriahkan milad ESQ. Di antaranya Abdullah Azwar Anas (Menteri PANRB), Suhajar Diantoro (Sekjen Kemendagri RI), Laksamana Purn. Ade Supandi, Prof. Nuh (Mantan Rektor ITS), Tanri Abeng (Mantan Menteri BUMN), Aburizal Bakrie (Politisi), dan lainnya. Bahkan kedatangan Artis Papan Atas Indonesia serta para Alumni ESQ. 

Turut mengundang juga dari Teman Tuli antara lain SLBN 01 Jakarta, SLBN 12 Jakarta, Yayasan Ibtisamah Mulia Bekasi, Majlis Ta'lim Tuli Indonesia Jakarta (MTTI) .



Direspon baik niat kerjasama ini oleh Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian dengan wajah tersenyum sembari mengatakan, “Tiada hari tanpa sedekah. Mulai hari ini ya….” Ary memberikan selamat dan dukungan kepada tim Kitabisa.com dan ESQ Kemanusiaan yang selalu menuai kebaikan di setiap harinya.

Sebelumnya, Ary Ginanjar bersama Vikra (Co-Founder Kitabisa.com) ada sesi ngobrol santai dulu di balik layar. Vikra merasa senang bisa silaturahmi lagi dengan Gurundanya itu. Saat mengobrol dengan Tokoh Nasional itu, Vikra mendapat salah satu hal yang menjadi inspirasinya yaitu semangat Ary Ginanjar terkait wakaf.

“Kata Pak Ary Menara 165 ini juga salah satunya didanai wakaf dari masyarakat Alumni ESQ. Jadi dengan sinergi antara ESQ dan Kitabisa.com ini InsyaAllah akan lebih banyak lagi inisiatif. Baik dari wakaf atau hal baik lainnya yang bisa mengalirkan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.”

<more>

Ia melanjutkan paparannya di atas panggung nan megah itu, “Dimulai dari Wakaf Al-Qu’ran Isyarat Bagi Teman Tuli ini, yang merupakan inisiatif pertama kami.”

“Ada 1,9 juta Alumni ESQ baik di Indonesia maupun mancanegara. Lalu ada 300-400 ribu orang yang berdonasi di aplikasi Kitabisa.com setiap bulannya. Mereka bisa berdonasi mulai dari 1000 rupiah saja, apalagi menggunakan fitur donasi otomatis. Yang artinya donasi seribu namun rutin setiap hari.”



“Bayangkan jika seluruh Alumni ESQ bisa berdonasi seribu rupiah saja sehari namun rutin misalnya, maka akan ada 1,9 Milyar yang terkumpul dan bisa kita salurkan untuk keberkahan bersama. Jadi harapannya semoga dengan awal mula kolaborasi ini akan banyak inisatif, kolaboratif, sinergi yang dapat disalurkan dari ESQ dan Kitabisa.com untuk Indonesia dan dunia,” tuturnya.

Namun siapa sangka, Co-Founder Kitabisa.com itu adalah salah satu Alumni ESQ juga sejak masih remaja. Dalam artian sudah tertanam nilai nilai ESQ di dirinya, serta bisa mengkombinasikan antara 3 kecerdasan yaitu intelektual, emosional, dan spiritual. 

“Tepat 20 tahun yang lalu atau tahun 2003, saya mengikuti training ESQ for Teens Angkatan 9. Dan 10 tahun yang lalu kami memulai Kitabisa.com pada saat itu di bawah inkubasi Rhenald Kasali sebagai gerakan digital untuk menjembatani warga agar bisa membantu sesama melalui internet.”



Lebih lanjut, “Alhamdulillah hingga hari ini Kitabisa.com diberikan kepercayaan oleh lebih dari 8 juta warga Indonesia yang telah berdonasi menyalurkan kebaikannya untuk membantu warga di Indonesia dan dunia yang membutuhkan uluran tangan kita.”

“Sebuah rasa syukur saya juga karena 1 tahun yang lalu bisa terhubung kembali dapat bersilaturahim dengan Gurunda yaitu Pak Ary dan diberikan kepercayaan untuk menjadi mitra dan bergabung menjadi keluarga besar ESQ.”



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA