Jumat, H / 29 Maret 2024

Kisah Menarik di Balik Profesi IT Business Analyst, Ini Kata Maraya Krisnandita Alumni ESQ Business School

Rabu 25 May 2022 10:07 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - ESQ Business School kembali mengadakan kegiatan Expert Talk Workshop yang mengundang para expert di bidangnya. Pada kesempatan kali ini (24/05) Expert Talk Workshop menghadirkan alumni dari ESQ Business School Program Studi Sistem Informasi yaitu Maraya Krisnandita, S.Kom yang berprofesi sebagai IT Business Analyst di Perusahaan Teknologi. IT Business Analyst adalah adalah sebuah profesi yang bertugas dalam mengatur dan memfasilitasi proyek-proyek perusahaan dengan kemampuannya dalam bidang manajemen bisnis, perangkat lunak, dan IT.


Amay—begitu biasa dia disapa, menekuni profesi IT Business Analyst di salah satu perusahaan di Indonesia, awalnya ia pun pernah mencoba magang dengan job desk yang berbeda sebelum menekuni menjadi IT Business Analyst.


Menurut Amay, profesi IT Business saat ini termasuk profesi yang sangat menjanjikan di masa depan. Mengapa? karena saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi dalam dunia teknologi yang membantu memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Tak heran aplikasi semacam Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia akan sangat banyak bermunculan lagi di masa yang akan datang.


“Di perusahaan sendiri profesi IT Business Analyst banyak macamnya tergantung warna dan kebijakan dari masing-masing perusahaan. Business Analyst juga menggabungkan antara knowledge, skill, tools, dan techniques,” tutur Amay.


<more>

Ada 4 tahapan proses kerja dalam dunia IT Business Analyst, yaitu sebagai berikut:

1. Determine Process

2. Recommend Relevant Solution

3. Elicit Document

4. Facilitate the Succeessful Implementation


Kemudian jenjang karier sebagai IT Business Analyst pun beragam di antaranya menjadi:

1. Account Executive

2. Senior Business Analyst

3. Product Manager

4. Account Manager

5. Product Owner


Di samping itu, sertifikasi di bidang Business Analyst dapat diperoleh dari IIBA (International Institute of Business Analyst) dengan gelar ECBA, CCBA, CBAP.


Amay pun memberikan tiga tips yang perlu dipersiapkan bagi para lulusan Sistem Informasi untuk menjadi seorang IT Business Analyst / IT Analyst, yaitu sebagai berikut:

1.) Mencoba sebanyak mungkin mempelajari berbagai macam apps

2.) Mengobervasi berbagai apps yang ada

3.) Tulis dokumentasinya

4.) Buat dan pergunakan linkedin untuk mencari kesempatan kerja.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA