Minggu, H / 29 Januari 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung Terealisasi Akhir Tahun 2020

Kamis 16 May 2019 15:11 WIB

Reporter :Redaksi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Foto: Facebook

ESQNews.id, BANDUNG - Kereta Cepat Jakarta-Bandung kemungkinan akan selesai pada akhir tahun 2020 mendatang. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakn 60 persen progres Kereta Cepat tersebut akan tercapat akhir tahun 2019.


"Akhir tahun depan target selesai 100 persen," tulis Ridwan Kamil dalam akun facebooknya, Selasa (14/5).


Kereta cepat ini akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung yang biasanya memakan waktu tempuh 4 jam jika melalui Tol menjadi hanya 40 menit saja.


Terowongan sepanjang 608 meter di area Walini baru saja selesai dikerjakan. Ridwan Kamil yang juga alumni ESQ Leadership Center ini mengatakan, dengan hadirnya jalur kereta cepat tersebut, akan hadir empat kawasan kota baru yakni Halim, Karawang, Walini dan Tegal Luar.


"Pengembangan kawasan ini menjadi modal membangun proyek ini, atau B to B, sehingga tidak menggunakan dana APBN langsung," ujar dia.


Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, diperkirakan sekitar 3-5 juta lapanga kerja baru untuk generasi Z Jawa Barat akan hadir jika hal tersebut bisa terwujud pada 10 tahun ke depan.


"Pemprov Jabar mengusulkan agar kereta cepat dilanjutkan 60 km ke Bandara Kertajati di kawasan special economic zone REBANA," pungkas Emil


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA