Jumat, H / 19 April 2024

Kementerian ESDM, PT APSI dan Thunderbird School of Global Management Lakukan MoU dengan ESQ Di Hadapan 600 Peserta Training Executive

Minggu 18 Sep 2022 18:22 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Training ESQ Executive kembali digelar yakni batch ke 189, selama 2 hari pada Sabtu-Minggu 17-18 September 2022 secara hybrid. Ada kurang lebih 600 peserta yang join baik secara online (Zoom Meeting) maupun offline (Granada Ballroom Menara 165). Mereka dipandu langsung oleh Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian serta Iman Herdimansyah (trainer ESQ).


Sebagai informasi, training ESQ Executive adalah pelatihan paling fenomenal yang berawal dari sebuah buku laris berjudul ESQ (Emotional Spiritual Quotient) karya Ary Ginanjar Agustian. Pelatihan ini membantu seseorang menemukan cara hidup yang lebih membahagiakan. Membantu seseorang untuk mengisi hati dengan sesuatu yang lebih bermakna, membentuk jiwa yang lebih teguh, dan mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi.


Diadakannya MoU atau Nota Kesepahaman menjadi salah satu rangkaian dari perhelatan kali ini. Ada 3 lembaga yang berbeda hadir di waktu yang bersamaan. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama dengan ESQ. Lembaga tersebut yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM), PT Angkasa Pura Solusi Integra (PT APSI) dan Thunderbird School of Global Management.




Bambang Utoro, selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian ESDM hadir langsung di Menara 165 dan mengatakan maksud serta tujuan dari kolaborasi ini yaitu sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian ESDM di bidang pembentukan karakter spiritual.


"Alhamdulillah hari ini saya melakukan kerjasama dengan ESQ. Mengapa? Karena kami merasa butuh peningkatan di bidang karakter serta spiritual. Kami tahu ESQ adalah ahlinya. Karena kami membina seluruh PNS di Kementerian ESDM, kami berharap seluruh pegawai di sini memiliki karakter spiritual yang diajarkan oleh ESQ serta Pak Ary Ginanjar," ucapnya.




Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Bambang Utoro sebagai pihak pertama, dengan Luki Alamsyah (Direktur Utama PT. Arga Bangun Bangsa (ACT Consulting)) sebagai pihak kedua. 


Dalam kesempatannya, Bambang Utoro ditemani oleh rekannya dari Bidang Program BPSDM Aparatur Kementerian ESDM yakni Andi Maulana.




"Harapan saya kerja sama ini ke depannya kita bisa melaksanakan pelatihan untuk ASN ASN Kementerian ESDM sesuai dengan slogan BerAKHLAK. Bukan hanya sebagai slogan tetapi dapat menerapkan nilai nilai akhlak yang mulia dan benar di Kementerian ESDM," paparnya.


Ia melanjutkan, "Kemudian hari ini saya sudah mengikuti pelatihan yang dipimpin oleh Pak Ary Ginanjar ini sangat baik. Ini sesi ketiga saya dalam mengikuti pelatihan ESQ. Jadi ini sangat membantu saya atau mengingatkan saya kembali akan nilai nilai moral yang harus selalu kita jalankan pada saat bekerja."




Selanjutnya, Nota Kesepahaman antara PT Angkasa Pura Solusi Integra (PT APSI) dengan PT Arga Bangun Bangsa (ESQ). Perjanjian ini ditandatangani oleh Dwi Ananda Wicaksana (Plt. Direktur Utama PT APSI) selaku pihak pertama dengan Luki Alamsyah sebagai pihak kedua.


Sebagai informasi, PT APSI yaitu Anak Perusahaan dari PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan Anak Perusahaan dari PT Angkasa Pura II.




Selain Dwi Ananda Wicaksana, hadir juga secara offline yaitu Budi Rifa (Manager of Educational & Talent Management), Ferry Simatupang (Supervisor of Educational & Talent Management).


"Dalam kesempatan ini kami menjalin kerjasama dengan ACT Consulting/ESQ untuk pelaksanaan training training yang sifatnya pengembangan SDM, baik dari sisi leadership maupun spiritual. Besar harapan kami ke depannya kita menjalin kerjasama yang lebih baik lagi, lebih komprehensif, dan saling menguntungkan kedua belah pihak," kata Dwi Ananda Wicaksana. 


Tujuan Nota Kesepahaman ini adalah sebagai dasar para pihak untuk mempersiapkan segala hal-hal yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan Kerjasama Penyelenggaraan Penyelenggaraan Pelatihan Pengembangan SDM, Bisnis & Organisasi, Pelatihan Berbasis Digital, Pelatihan Kepemimpinan, Implementasi Budaya Perusahaan, HR System Asesmen, dan Optimalisasi Penggunaan Fasilitas sehingga pelaksanaannya sesuai pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).




Dan terakhir adalah MoU antara Thunderbird School of Global Management, Arizona State University (ASU) dengan ESQ Business School. Kerjasama ini ditandatangani oleh Taliltha Lubis (Program Manager) selalu pihak pertama yang mewakili para pimpinan di Thunderbird. Sedangkan dari pihak kedua ditandatangani oleh Dwitya Agustina (President of ESQ Business School).


<more>




"Harapan saya ke depannya, kerjasama ini bisa menambah pengetahuan. Sehingga memiliki lulusan lulusan yang unggul dari ESQ Business School. Di sesi kali ini juga dengan Bapak Ary, saya sangat mengapresiasi acara ini karena menambah dan memperdalam spiritual saya untuk ke depannya," kata Talitha sambil tersenyum.


Penandatanganan itu disaksikan secara online oleh Yully Purwono (Director, Business Development - SEA Regional Center of Excellence, Thunderbird School of Global Management).




Thunderbird School of Global Management adalah Sekolah Manajemen Internasional terkenal dengan pengalaman lebih dari 74 tahun dalam mendidik para pemimpin global dalam menciptakan solusi yang dinamis dan berkelanjutan untuk organisasi di sektor publik, swasta dan nirlaba. 


Sebagai bagian dari Arizona State University, universitas negeri terbesar di AS, Thunderbird menawarkan berbagai program termasuk namun tidak terbatas pada; program gelar dan sertifikat dari tingkat sarjana hingga pascasarjana, baik secara langsung maupun online, pelatihan bahasa Inggris profesional, pelatihan kewirausahaan dan keterampilan bisnis, dan pendidikan eksekutif.


Sedangkan, ESQ Business School adalah Perguruan tinggi berbasis karakter yang menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui penggabungan 3 potensi manusia: kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. ESQ Business School memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi berbasis karakter yang menjadi pusat keunggulan untuk mewujudkan peradaban emas. 


"Oleh karena itu, Thunderbird dan ESQ Business School sepakat untuk bekerja sama untuk bersamasama menciptakan program pelatihan yang komprehensif yang sepenuhnya memanfaatkan sumber daya Thunderbird dan ASU yang luas untuk memberikan kesempatan pendidikan yang beragam bagi masyarakat Indonesia," tutur Dwitya.




Para peserta training bertepuk tangan dengan sangat gemuruh dan ramai. Mereka telah menjadi saksi mata dari kerjasama antara 3 lembaga dengan ESQ. Dan ratusan peserta itu berasal dari BBC GROUP, Dirjen Tenaga Kesehatan (Sekretariat konsil kedokteran Indonesia), PT Inti Pantja Press Industri, PT Matoa Indonesia, PT. Hakoon Inti Perkasa, PT. Visindo Maju Sejahtera, BJB UNIVERSITY, BP Batam, Pegadaian, PT Mushasi autoparts Indonesia, PMLI, MUI (Sekolah dan Madrasah dari Gorontalo), para FKA ESQ dan lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA