Selasa, H / 05 Juli 2022

Kajian AKHLAK, Kolaborasi Perdana PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) dengan ACT Consulting untuk Gag Nikel

Selasa 19 Apr 2022 14:57 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – PT. Neural Technologies Indonesia (PT. NTI), perusahaan yang bergerak di bidang IT telah melakukan kerjasama dengan ACT Consulting. NTI berkomitmen akan menggunakan program solusi ACT Consulting bagi klien-kliennya. Kerjasama yang sudah diikat oleh penandatanganan MoU pada Februari 2022 tersebut, bertujuan agar berbagai korporasi yang menjadi klien PT. NTI  tidak hanya bertransformasi digital saja namun dilandasi dengan transformasi budaya kerjanya.

CEO PT. NTI, A.S. Sururi berharap adanya kerjasama ini bisa terus berjalan lancar dan bisa membantu berbagai perusahaan di Indonesia terus bertransformasi menjadi lebih baik lagi. Transformasi dari sisi perusahaannya maupun dari sisi manusianya.

"Kami sangat bahagia bisa bekerjasama dengan pihak ACT Consulting. Biasanya PT. NTI hanya melakukan transformasi perusahaan dari sisi bisnis/digitalnya, kini dilengkapi dengan pihak ACT Consulting yang expert di bidang pengembangan manusianya. Sehingga dampak yang akan terjadi akan menjadi eksponensial," papar pria yang baru saja mendapat gelar Coach bersertifikat ESQ 3.0 coaching dari BNSP itu. 



Salah satu klien konsultansi IT Roadmap PT NTI adalah PT. Gag Nikel yang bergerak pada bidang eksplorasi Nikel di Pulau Gag, Raja Ampat.  Anak perusahaan PT. Aneka Tambang (Antam) tersebut, awal pandemi lalu berhasil meningkatkan produksi nikel hingga meroket 410%. PT. Gag Nikel juga termasuk 3 besar anak perusahaan Antam dari segi pendapatan. 

PT. Gag Nikel tertarik untuk mengetahui lebih lanjut konsep etos kerja AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan implementasinya di dalam perusahaan yang dicetuskan oleh ACT Consulting untuk BUMN.

Menyambut ketertarikan PT. Gag Nikel terhadap solusi AKHLAK BUMN, dan dalam menyambut momen Bulan Suci Ramadhan 1443 H, PT NTI mengundang ACT Consulting untuk hadir dan mengisi kajian Ramadhan bagi PT. Gag Nikel yang sudah berlangsung pada Sabtu, 16 April 2022 di Pullman Ciawi Vimala Hills, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang mengusung tema “Etos Kerja & Ketaqwaan dan Implementasi Nilai-Nilai AKHLAK”  itu difasilitasi oleh PT. NTI.

Direksi Presdir PT. Gag Nikel, Khaidir Said menyampaikan salam pembuka serta memberikan sambutan singkatnya di hadapan 40 orang yang hadir. Mereka berasal dari level yang berbeda di antaranya Advisory, Direksi, Manager, Asisten Manager, Supervisor, dan staff Head Office PT. Gag Nikel.

"Bulan ramadhan harus menjadi momentum untuk setiap karyawan menjadi lebih baik lagi bagi diri sendiri. Sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih untuk mencapai tujuan diri maupun perusahaan," tuturnya.

Ia juga berharap transformasi di PT. Gag Nikel ini bisa berjalan dengan 2 sisi yaitu sisi business transformation dan values transformation, “Karena MIND.ID sebagai holding BUMN Tambang, Antam adalah salah satu BUMN Tambang yang sudah melakukan transformasi budaya AKHLAK. Sehingga Gag sebagai anak perusahaan Antam harus ikut melaksanakan total transformation juga.”

<more>

Di awal sesi Bramanto Wibisono (trainer lisensi Ary Ginanjar Agustian) yang mewakili ACT Consulting itu menyampaikan bahwa bulan Ramadhan harus menjadi pemicu umat Islam untuk lebih produktif. Ia juga menjelaskan tentang bagaimana pentingnya budaya perusahaan sebagai suatu landasan bagi seluruh karyawan untuk bisa bekerja sesuai dengan nilai-nilai perusahaan agar dapat mencapai visi-misi perusahaan.

Coach Bram adakan survey pengukuran level socio-emotional  karyawan PT. Gag Nikel, “Karyawan atau insan PT. Gag Nikel  harus memiliki socio-emotional  di level 4 dan 5. Sehingga karyawan PT. Gag Nikel dapat memberikan kontribusi lebih baik lagi sebagaimana slogan "BUMN untuk Indonesia.”
 
ACT Consulting selama ini telah melakukan riset pemetaan dan pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK dengan menggunakan metode ACHI (AKHLAK Culture Health Index). Melalui riset dan kajian tersebut, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan dalam perilaku kerja sehari-hari. Sampai saat ini sudah ada 125 BUMN dan anak perusahaan yang sudah di riset budayanya oleh ACT Consulting.



Menurut Tim Bussiness Development PT. NTI Farnas Musyarafa, acara berlangsung lancar dan mendapat sambutan positif, “Mereka sangat antusias mengikuti paparan dari ACT Consulting. Sehingga para direksi dari Gag ingin melakukan total transformation untuk perusahaannya, agar perusahaan dapat mencapai visi-misinya dengan menerapkan prinsip-prinsip perusahaan yang berlandaskan kepada nilai-nilai AKHLAK.”

“Banyak juga dari pihak karyawan/keluarga Gag yang tertarik untuk ikut training ESQ seperti NLP, New Chapter dan lain lain, karena ingin ikut bertransformasi dari personalnya,” ujar Alumnus ESQ Business School tersebut.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA