Jumat, H / 22 Oktober 2021

Insan RNI Dihadapkan dengan Pilihan, Trainer: Ada 2 Perubahan

Senin 22 Mar 2021 17:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Aris Kadarisman, Manajer Pengembangan SDM PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) berharap dengan adanya kerjasama dengan tim ACT Consulting, para insan RNI bisa lebih memahami Core Values AKHLAK BUMN.

 

“Saya berharap mereka lebih bisa mengenali dan memahami values AKHLAK serta mengimplementasikan ke dalam pekerjaan sehari-hari. Sehingga bisa berkontribusi secara maksimal,” katanya dengan penuh harap dan kesungguhan hati.

 

Kolaborasi tersebut dituangkan dalam bentuk pelatihan atau training, yang digelar selama 2 hari pada Senin dan Selasa (22-23/3/2021), mengusung tema “Living the Grand Why” via zoom meeting.


<more>

 

Para peserta dari golongan Management Trainee dipandu langsung oleh trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Tiko dan Coach Bayu.

 

“Selama 2 hari ini, apa ekspektasi kalian terhadap training ini?” tanya Tiko dari Studio lantai 4 Menara 165.



 

Beragam jawaban dilontarkan oleh insan RNI, di antaranya:

 

Faisal, “Saya ingin lebih memahami nilai AKHLAK agar bisa berkontribusi di dalam lingkup kerja maupun rumah. Kami ingin mengaplikasikan masing-masing nilai tersebut.”

 

Hernia Putri, “Harapannya selain ingin memahami Core Values AKHLAK, dengan adanya pelatihan dari ACT Consulting atau ESQ ini bisa meningkatkan kecerdasan emosional kami (EQ).



 

“Mantappp, sebelum menjawab saya kasih 2 pilihan. Saya menjelaskan ilmu ini dengan cara berceramah, tanpa back sound, datar, selama dua hari. Atau adanya interaktif, gerak sambil aktivitas, enjoy, disertai yel-yel?”

 

Tentu saja mereka pilih yang kedua yaitu adanya interaktif. Maka musik pun dinyalakan, seluruh peserta dan trainer bergerak bersama ikuti alunan lagu, memperlihatkan ekspresi sumringah. Suasana training semakin ramai dan seru terlihat dari zoom meeting.


“Baik kita mulai, saya tanya dulu kira-kira apa tantangan yang kalian hadapi saat ini?” tanyanya lagi.

 

60 orang yang serempak mengenakan seragam putih itu dengan sangat antusias ingin menjawab pertanyaan tersebut dengan emoticon (raise hand).



 

Joshua, “Pandemi ini membuat kita sedikit terhalang untuk bekerja dan berkomunikasi seperti biasanya. Tapi kita tetep semangat untuk bekerja, menjalani rutinitas. Meskipun ada kejenuhan namun tetap menjaga semangat untuk bekerja.”

 

“Untuk menjawab tantangan kepada orang-orang hebat di depan saya ini saya akan menjabarkan dengan aktivitas yaitu permainannnnn,” ucap trainer berkacamata itu dengan semangat.

 

Tim ACT Consulting memunculkan gambar berikut:



 

Tiko memberikan arahan dan clue kepada mereka untuk mencari 4 perbedaan dari gambar tersebut.


Setelah mereka menjawab dengan cepat dan tepat, Tiko mengatakan, “Apa hubungannya tebak gambar dengan kondisi pandemi? Hal itu menjelaskan bahwa ada 2 perubahan yaitu perubahan dengan drastis atau mudah bagi kita menyadari perubahan itu. Ada juga seolah-olah tidak terjadi perubahan tapi ternyata ada perubahan namun kita tak menyadari.


Tebak gambar tersebut termasuk perubahan yang kita sadari. Karena saya memberi instruksi untuk mencari 4 perbedaan. Jika tidak ada clue, mungkin tidak ada yang ngeuh.”


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA