Kamis, H / 09 Desember 2021

Ilmu N2P di Balik Metode Coaching untuk Insan PT Dirgantara Indonesia

Jumat 09 Apr 2021 17:39 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret suasana Training

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) telah mengikuti Training Living the Grand Why pada Selasa (6/4/2021). Kini, PT DI ikut serta dalam Training Coaching Skill yang digelar pada Jumat (9/4/2021) via Zoom Meeting oleh ACT Consulting.

Insan PT DI dipandu langsung oleh Trainer Lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Eka Chandra dan Coach Dudi Supriadi. Direktur HC PT DI, Sukatwikanto memberikan sambutan dan paparan singkat di awal sesi.



<more>


Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh para Coach yang sudah certified seperti Arina, Dewi Rochma, Ina, Tyas, Sinta dan lainnya.

Banyak pengertian dari istilah 'Coaching', di antaranya menurut Timothy Gallwey, "Coaching membuka potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya. Coaching membantu mereka belajar daripada mengajar mereka.”

Sedangkan bagi Coach Eka, Coaching adalah ilmu wajib yang harus dimiliki para Leaders jaman now, jika ingin membangun enggagement anggota tim-nya. 




"Inilah program bagi para Leaders PT DI untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, terlebih dalam hal mendevelop tim dengan cara yang berbeda. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu tentang building trust atau membangun kepercayaan antara Coach dengan Coachee (orang yang di coaching) yaitu Relax, Relate, Reframe," papar Eka.

Salah satu materi dari Coaching adalah tentang Negative to Positive Feeling (N2P) yakni:

1. Mengajak coachee untuk melihat perspektif lain dari sebuah masalah.

2. Merubah perasaan negatif menjadi positif.

3. Coaching tidak dapat dilakukan saat coachee berada dalam keadaan negatif.




Sebagai latihan, agar peserta lebih paham tentang Coaching, Coach Eka memberikan sebuah contoh kasus dan peserta harus memberikan pandangan atau pertanyaan dari contoh tersebut yaitu:




"Bukankah Anda masih bisa bersyukur mencari nafkah untuk Anda dan anak-anaknya Anda?" kata Eko dengan tegas, saat menyanggah salah satu pernyataan nomor 3 di atas.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA