Selasa, H / 04 Oktober 2022

Idul Adha! Kementerian Pertanian Memastikan Stok Hewan Kurban Tak Terganggu Wabah PMK

Jumat 13 May 2022 11:08 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Kegiatan Berlangsung

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Kementerian Pertanian memastikan stok hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 2022 tidak terganggu wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terjadi di Jawa Timur dan Aceh.


Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyebar di sejumlah daerah Jawa Timur merupakan level ringan dan tingkat penyebarannya tidak terlalu tinggi.


Tingkat kematiannya juga tercatat rendah. Sekitar 1,1 persen dari jumlah ternak yang terinfeksi PMK.


"Saya melihat perkembangan di lapangan ada kemajuan yang berarti dengan pemberian obat sejak kasus pertama. Hingga hari ini sudah banyak hewan ternak yang mulai sehat," tutur Mentan Syahrul Yasin Limpo.


Ia menambahkan, "Yang perlu kita pahami, penyakit PMK ini tidak menular dan tidak beresiko pada kesehatan manusia. Insya Allah aman bagi manusia."


Kementerian Pertanian bersama pemerintah daerah dan pihak terkait terus berupaya untuk menanggulangi wabah ini agar tidak merugikan industri ternak nasional.



<more>


Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kebutuhan hewan ternak untuk kurban biasanya hanya 10 sampai 20 persen dari total populasi yang ada.


"Untuk Idul Adha kami optimistis insya Allah ini ternak tersedia. Pengalaman-pengalaman sebelumnya hanya 10-20 persen dari populasi yang dipakai," kata Nasrullah.


Selain itu Nasrullah juga mengatakan Kementerian Pertanian akan membuat SOP tentang prosedur mobilisasi hewan ternak dari satu wilayah ke wilayah lainnya dengan aman tanpa terinfeksi virus penyebab penyakit mulut dan kuku.


Kementerian Pertanian menetapkan sebanyak enam kabupaten di dua provinsi Indonesia sebagai wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.


Dua kabupaten yang dilanda wabah PMK yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Timur. Sementara empat kabupaten di Jawa Timur yaitu Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA