Rabu, H / 25 Mei 2022

Hujan Deras, Jakarta Siaga Banjir di Beberapa Titik Ini!

Selasa 22 Sep 2020 10:43 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Jembatan Kalibata

Foto: investordaily.id

ESQNews.id, JAKARTA - Hujan lebat yang mengguyur beberapa daerah di Jakarta beberapa hari kemarin, menyebabkan debit air di bendungan atau sungai menjadi tinggi.


Jembatan Kalibata salah satunya, dengan ketinggian air 3 meter. Artinya jembatan itu masih tahap aman dan berada dalam level 1.



<more>


“Di jembatan Kalibata aliran air ini sudah cukup deras bahkan orang yang bertugas dari pukul 3 dini hari tadi, namun seperti yang dilihat ini masih level aman menurut petugas,” kata salah satu reporter di stasiun Televisi Indonesia pada Selasa (22/9/2020).


Menurut petugas setempat, jika debit air meningkat di atas 3 meter akan diadakan evakuasi.


Tim gabungan seperti Basarnas, sudah siaga di bawah jembatan Kalibata. Mereka juga sudah menyiapkan pelampung, ambulan yang disiagakan di beberapa titik area sungai Ciliwung dari Kalibata hingga Kampung Melayu.






Adanya edaran dari BMKG tentang potensi curah hujan yang tinggi. Daerah yang harus waspada yaitu kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, yang akan terjadi angina kencang hingga petir menggelegar.


Oleh karenanya, bagi warga yang tinggal di dataran rendah sekitar jembatan Kalibata, Jakarta Selatan  yang langganan terjadi banjir, diminta untuk tetap siaga jika ada banjir kiriman.




Para warga langsung mengantisipasi kemungkinan terburuknya. Mereka sudah menitipkan kendaraannya ke dataran yang lebih tinggi. Lalu memindahkan barang-barang berharga ke lantai dua atau ke tempat yang lebih aman.


“Warga sudah memantau seperti apa kondisi air di jembatan Kalibata. Namun warga diminta untuk tetap waspada oleh petugas,” lanjut sang reporter.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA