Jumat, H / 29 Maret 2024

Hindari Kenakalan Remaja, Cetak Generasi Emas! Baznas Jabar & ESQ Gelar Sanlat, Dihadiri Bupati Sumedang

Sabtu 08 Apr 2023 10:59 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, SUMEDANG - Mengisi gema Ramadhan 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar gelar Pesantren Santri Kilat Sumedang Simpati (Sakti) di Gedung Negara, Kamis 6 April 2023. Kegiatan ini bekerjasama dengan lembaga pelatihan sumber daya manusia, ESQ Leadership Center.


Sanlat tersebut diisi oleh Training for Kids & Teens dari ESQ. Ada ratusan peserta yang hadir. Mereka berasal dari 47 sekolah (tingkat SMP, SMA, SMK, MA) dan para ASN Pemerintah Kabupaten Sumedang.


Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir berkesempatan membuka acara tersebut. Menurutnya, kegiatan ini akan membentuk anak-anak menjadi generasi-generasi yang unggul, berprestasi dan ber-akhlakul karimah. 


"Saya melihat dari sorot mata para pesertanya luar biasa, sangat bersemangat untuk ikut belajar. Dan mereka nantinya akan jadi duta kebaikan, jadi role model, jadi contoh, sekaligus jadi duta zakat milenial," ujarnya.




Kegiatan ini, kata bupati, tentunya harus menjadi kegiatan rutin oleh Baznas Kabupaten Sumedang, maupun semua pihak yang membantu pembangunan SDM di Kabupaten Sumedang.


<more>




Sedangkan, Wakil Ketua II Bidang Perindustrian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Sumedang Asep Hamdan Gunawan mengatakan acara ini perlu dilaksanakan. Karena menurutnya para peserta yang ikut adalah generasi yang akan melanjutkan pembangunan baik di tingkat regional maupun tingkat nasional untuk mencetak sebuah generasi emas.


Dikatakan juga oleh Ketua Baznas Sumedang, Ayi Subhan Hafas bahwa Sakti Ramadhan merupakan bentuk kepedulian Baznas Sumedang kepada para pelajar, untuk bisa melihat potensi bagaimana mencapai kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu, Ayi mengajak para peserta mengikuti dengan seksama materi yang disampaikan oleh narasumber.


"Manfaatkan dan perhatikan dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan setelah mengikuti Pesantren Sakti Ramadhan ini mempunyai motivasi untuk hidup mencapai kesuksesan di masa yang akan datang," katanya.




Pelatihan dan pemberian motivasi ini dipandu oleh Coach Yendra (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian). Ia juga ditemani oleh asistennya yakni Dodi dan Oji.


Di penghujung acara, Susi Gantini (istri Bupati Sumedang) memberikan beberapa pesan kepada para peserta Sanlat. Ia mengajak kepada ratusan orang yang ada di dalam gedung tersebut untuk menjadi contoh yang baik bagi keluarganya.


"Sehingga menjadi orang yang memberikan manfaat bagi semua orang. Mengingat saat ini, tantangan digital sangat banyak, narkoba, pergaulan bebas, bullying, tawuran. Segimana godaannya banyak jika punya iman yang kuat kita bisa menangkalnya."


Lebih lanjut, "Bagaimana caranya? Misal, ketemu kotak amal harus bersedekah, harus banyak melakukan aktivitas positif dengan mengikuti organisasi di sekolah, jangan lupa minta do'a pada orang tua karena do'a orang tua mustajab. So, jadilah orang sukses dimulai dari sekarang."




Kegiatan ini dirasakan impactnya oleh Andrianto, salah seorang pelajar SMK YPSA Sumedang mengaku training ESQ ini sangat memberikan manfaat yang baik sekali. 


"Dengan mengikuti kegiatan ini wawasan dan pengetahuan kami menjadi bertambah. Sebelumnya saya juga belum paham apa itu ESQ. Sekarang jadi paham," jelas Andrianto.


Menurutnya, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi dirinya ketika menjadi perwakilan dari SMK YPSA untuk mengikuti kegiatan tersebut.


Diungkapkan oleh Pembimbing SMK YPSA Sumedang Muchtar bahwa kegiatan ini sangat jarang sekali digelar. "Saat menerima undangan ESQ dari Baznas langsung mengirimkan perwakilan," katanya.




Sedangkan siswa bernama Dede, SMAN 3 Sumedang juga menyampaikan kesan pesannya, "Sangat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada saya, sampai kita nangis bareng bareng ketika diberikan materi oleh Kang Yendra. Semoga Baznas lebih sering lagi mengadakan kegiatan seperti ini, untuk menghindari kenakalan remaja."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA