Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Menanam Pohon Nasional

Kamis 28 Nov 2019 08:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: toppr.com

ESQNews.id, JAKARTA – Pohon memberikan rasa nyaman, adem, sejuk, menenangkan hati. Dedaunan hijau membuat mata terasa segar, menghirup oksigen dengan rasa aman. Lalu, bagaimana jika tak ada pepohonan?


Apa yang terjadi dengan diri kita, semua makhluk hidup, muka bumi ini dengan minimnya jumlah pohon yang tertanam? Tentu, udara semakin panas, lebih banyak menghirup CO2 dibanding O2, rusaknya lapisan ozon, dan mungkin makhluk hidup seperti hewan atau serangga mulai punah karena tak ada habitat.


Oleh karenanya, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional. Dengan tujuan agar kita sadar akan pentingnya pohon, yang kaya akan manfaat bagi kehidupan kita.


<more>


Hari Menanam Pohon Indonesia ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Tujuan lainnya yaitu untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian pada lingkungan.


Amanat Presiden pada saat pencanangan tersebut antara lain meminta setiap penduduk Indonesia minimal menanam satu pohon yang selanjutnya dikenal dengan One Man One Tree (OMOT).


“Bumi akan baik pada kita jika kita juga baik terhadap bumi. Salah satu cara kita berbuat baik pada bumi adalah dengan terus melakukan penghijauan agar kelestarian alam tetap terjaga,” papar artis bernama Showimah tersebut.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA