Selasa, H / 04 Oktober 2022

ESQ MPP, Rumus Matematika Sederhana untuk Pensiunan Insan AHM Sebagai Pegangan

Selasa 22 Jun 2021 16:31 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group) membuat rumus matematika sederhana untuk digunakan orang banyak, khususnya kepada 80 orang dari PT Astra Honda Motor (AHM). Mereka mendapatkan rumus tersebut dalam Training ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) yang digelar selama 3 hari pada Selasa-Kamis (22-24/6/2021) via Zoom Meeting.

 

Ary Ginanjar juga hadir di sela-sela sesi, untuk menyapa, memberikan sambutan dan untaian kalimat tentang persiapan masa pensiun.


<more>

 

“Terimakasih telah mengikuti dan hadir dalam pelatihan ini. Saya adalah pensiun muda, dulu saya ASN atau pegawai negeri namun keluar karena saya ingin mengubah nasib. Saya ingin mendapatkan ketenangan dan kesejahteraan. Tidak menutup kemungkinan, orang-orang yang akan menghadapi pensiun alami berbagai goncangan. Teringat gaji rutinan, berkumpul bersama teman, rutinitas di kantor. Ketika itu terjadi kalau tidak punya ilmunya ada kecemasan atau stress, maka dia akan menyerang otak dan hati jadilah penyakit,” papar Ary dari ruangannya di lantai 24, Menara 165.

 

“Oleh karena itu Coach Iman akan memberikan ilmunya kepada bapak dan ibu. Singkatnya saya jelaskan dulu. Rumus pertama yaitu Gerak, Kata, Fokus. Kalian harus mengubah gerak tubuh yang tegap, mengucapkan kata-kata yang diinginkan, dan fokus kepada hal yang positif atau membuat Anda bahagia. Lalu latihan tarikan nafas, sehingga gelombang otak menjadi alpha atau rileks. Itu rumus pertama,” sambungnya.

 

Selanjutnya, rumus yang kedua yaitu ESQ Matrix. Ia menyampaikan bahwa yang membuat kita bahagia ada di nomor 7 (makna dan tujuan hidup kita) itulah nilai spiritual. Setelah itu kontribusi atau memberikan manfaat kepada masyarakat saat masa pensiun tiba.


“Habis itu kita bisa bangun cinta dan relasi, sehingga eksistensi akan datang sendiri. Hadapi tantangan atau hobi bagi yang suka bersepeda, mengurus tanaman, dan itu akan menjadi kepastian. Kesejaheraan datang dengan sendirinya. Bagai air bah kebahagiaan yang tumpah dari atas ke bawah dengan energi potensial, yaitu massa kali gravitasi kali tinggi,” tutupnya dengan senyum simetris.

 


 

Rumus tersebut kembali disampaikan oleh Coach Iman Herdimansyah (trainer ESQ) sebagai penyambung lidah dari Sang Motivator Indonesia itu, dalam paparan yang lebih luas, menampilan slide-slide di layar zoom sekaligus dipraktekkan langsung secara visualisasi.

 

“Ya bapak dan ibu, Pak Ary sudah memberikan rumusnya kepada kita semua. Sekarang rumus berikutnya adalah sebuah rumus matematika sederhana yang terdiri dari R1 + R2 = R3. Arti dari R1 adalah Realita hidup yang akan saya jelaskan melalui 5 phase. Lalu kita fokuskan ke R2 atau Respon kita menghadapi realita yang terjadi, harus berada di high energy, demi menjadi pensiunan yang bahagia, sejahtera dan bermakna itulah R3-nya atau hasil,” jelas Iman secara gamblang dari Studio lantai 4, Menara 165.

 

Berikut 5 langkah atau phase menjelang masa pensiun tiba, agar siap menghadapi masa tersebut di high energy:

 


 

Puluhan peserta terlihat sangat fokus menyimak semua materi yang dipaparkan oleh para trainer. Agar suasana menjadi lebih santai, fun, namun kondusif, Hasan (trainer ESQ) ajak peserta untuk senam geprek. Ia ajak insan AHM untuk berdiri, musik dinyalakan dan senam pun dimulai. Terlihat dari layar zoom, peserta menyunggingkan senyuman bahkan tertawa ria.

 


 

“Sudah semangat lagi bapak dan ibu? Baik kalau begitu sekarang saatnya sharing agar interaktif pelatihannya yah. Apa hikmahnya yang didapat untuk hari ini?” tanya Hasan.




Muhiman, “Jadi dari phase umur kita tahun 19 sampai 45 itu masa-masa yang produktif. Mempolakan hidup kita, all out untuk bekerja. Namun setelah pensiun, baru kita memikirkan untuk menjaga kebaikan itu, menghabiskan sisa hidupnya dengan The Grand Why. Jadi kita memulai segala sesuatu dengan menemukan meaning dan purpose kita.”




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA