Kamis, H / 09 Desember 2021

ESQ MPP di Kementerian ESDM Migas Bahas 5 Efek dari Pensiun Menurut Prof. Vries

Kamis 30 Sep 2021 11:40 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Alimudin Basso (Sekretaris Jendral Migas) berkenan hadir di dalam Training ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP). Ia membuka acara sekaligus memberikan sambutan kepada kurang lebih 26 insan Kementerian ESDM Migas.

 

Pelatihan online Batch 1 ini digelar pada Senin-Rabu (13-15/9/2021), yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta sehingga mendapat pembekalan sebelum menuju masa pensiunnya.

 

“Bapak dan Ibu semuanya, hari ini kita sedang mengikuti pelatihan dari ESQ MPP. Saya harap dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan bekal kepada bapak dan ibu sebelum masa pensiun tiba,” tutur Alimudin sembari tersenyum di layar Zoom.

 

“Tenang saja bapak dan ibu, pensiun ini bukanlah akhir dari segalanya,” sambungnya.

 


 

Ary Ginanjar Agustian pun turut menyapa para partisipan yang mengikuti pelatihan dari ESQ MPP ini.

 

“Para trainer dari ESQ akan memberikan beberapa modul sebagai bekal pensiun nantinya. Modul yang telah kami rancang di antaranya Wisdom Living, Healthy Session, Financial Quotient, Leveraging Assets dan lain-lain. Semoga bermanfaat,” ucap Ary.

 


 

Modul-modul tersebut dipaparkan langsung oleh pakarnya yakni Wisdom Living (Achmad Zaki), Healthy Session (dr. Wanarani Aries), Financial Quotient (Wendy Isnandar), Leveraging Assets (Zainal Abidin) ditambah dengan Sharing Bisnis Kuliner (Yodhi M Ahyad) serta Business Plan & Goal Setting (Risman Nugraha ).

 

“Sebelum masuk ke dalam materi, pernah mengenal yang namanya Prof. Manfred Kets de Vries kah? Beliau adalah Direktur dari INSEAD Global Leadership Center yang memiliki Kampus di Perancis, Singapura, dan Abu Dhabi,” papar Zaki dari Studio lantai 19 Menara 165.


Terlihat dari layar Zoom, peserta pelatihan ESQ MPP sangat antusias selama acara berlangsung. Mereka senantiasa menyimak apapun yang narasumber paparkan.



 

Prof. Vries melakukan penelitian pada 700 CEO dari seluruh dunia sebelum akhirnya menemukan Teori “Retirement Syndrome.” Ia menyimpulkan efek dari pensiun ini secara psikologis menyebabkan 5 hal berikut ini:


1. The loss of work (hilangnya pekerjaan utama)


2. The loss of health and vitality (menurunnya kesehatan dan vitalitas)


3. The loss of public exposure and public contact (kurangnya pertemuan dengan orang lain dan perjumpaan dengan banyak orang)


4. Loss of influence, power, attention, and admiration (hilangnya pengaruh, kekuatan, perhatian, dan kekaguman dari orang-orang)


5. Loss of financial stability (hilangnya kestabilan keuangan)


<more>


“Untuk itu, ESQ MPP hadir untuk menjawab atau memberi solusi atas rasa kekhawatiran bapak dan ibu terkait efek pensiun. Dan tentu kami akan sajikan cara-cara agar menjadi pensiunan yang bahagia, sehat, dan sejahtera,” lanjut Zaki.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA