Selasa, H / 05 Juli 2022

Coaching di Lingkup PT Pupuk Kaltim, Trainer: Mending Dinasihati atau Ditanya & Didengar?

Rabu 17 Mar 2021 17:31 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – ACT Consulting gelar Leadership Development Program (LDP) III Batch 4 untuk para pimpinan dari PT Pupuk Kaltim (PKT), selama 5 hari berturut-turut pada Senin-Jumat (15-19/3/2021) via Zoom Meeting.

 

Pemateri untuk memandu mereka adalah seorang trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Arief Rahman Saleh dan Astrain Abri.

 

Ary kenalkan ilmu Coaching itu lalu disebarkan oleh Coach Arief kepada insan PKT, yang menurutnya bisa dijadikan profesi apalagi di masa yang ekonominya masih terbilang naik dan turun.

 

Metode coaching yang dipelajari adalah hasil dari pengalaman membentuk karakter manusia lebih dari 18 tahun. Metode yang melihat manusia secara utuh dengan menggabungkan sisi intelektual, emosional, dan spiritual.”

 

Peserta diajak berdiskusi dan membuat kelompok, agar lebih memahami arti dari coaching.

 

“Bagaimana rasanya ketika kata-kata dan emosi Anda didengar dan diulangi kalimatnya oleh orang lain? Mending mana dinasehati atau didengarkan dan ditanya?” tanya Arief.


<more>

 

“Merasa diperhatikan, merasa dihargai, seneng banget, ini orang kok dengerin saya banget, lebih suka ditanya dan didengar soalnya kalau dinasehati pasti jarang dilakukan oleh kita,” itulah beberapa respon dari para leader PKT.

 

“Betul, kita bangun trust harmonis dengan orang lain, sediakan hati, telinga dan ulangi keywordnya. Lalu kalian bisa lakukan hal ini kepada tim kita, orang yang kita sayangi, agar mereka juga happy,” lanjut pria ber-kemeja biru dongker itu.

 



Suasana pelatihan semakin ramai, seru, pesertanya semakin antusias dengan ilmu yang bernama coaching ini. Beberapa di antaranya terjadi interaksi tanya jawab.

 

Pria bernama Gilberth ajukan pertanyaan, “Kalau memberikan inspirasi atau ide itu sama halnya dengan menasehati tidak Coach?”


“Banyak orang mengira inspirasi itu dari nasihat, atau sekedar memberikan kata-kata. Padahal inspirasi itu akan terlihat dari hasil. Orang akan terinspirasi dari kita setelah dia melihat hasilnya,” jawab trainer yang expert di bidang coaching itu.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA