Jumat, H / 24 September 2021

Bamsoet dan ESQ Menyemai Benih Pancasila pada Sekitar 4000 Milenial di Hari Sumpah Pemuda

Rabu 28 Oct 2020 12:36 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Dari sebelah kiri layar Ary Ginanjar Agustian bersama Bambang Soesatyo

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda Rabu (28/10/2020) sekitar 4000 generasi muda mendapatkan pembekalan materi tentang Pancasila dari ESQ dengan kemasan khas anak milenial.

Hadir sekitar 4000 pelajar juga mahasiwsa dari berbagai kota di Indonesia mengikuti training yang interaktif ini. ESQ menyiarkan acara dari lantai 23 Menara 165 dengan menyediakan 4 link Zoom.

Hadir secara virtual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. membuka sekaligus memberi sambutan. Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet itu memaparkan bahwa banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa generasi milenial yang sudah makin asing dengan Pancasila. 

“Survey yang dilakukan akhir Mei 2020 oleh Komunitas Pancasila Muda, tercatat hanya 61 persen responden merasa yakin dan setuju bahwa nilai-nilai Pancasila sangat penting dan relevan dengan kehidupan mereka,” papar Bamsoet.

<more>

Sedangkan 19,5 persen bersikap netral, dan 19,5 persen lainnya menganggap Pancasila hanya sekadar nama yang tidak dipahami maknanya.

Bamsoet menambahkan bahwa survei LSI Tahun 2018 juga mencatat bahwa dalam kurun waktu 13 tahun, masyarakat yang pro terhadap Pancasila telah mengalami penurunan sebanayk 10% dari 85,2 persen pada tahun 2005, menjadi 75,3 persen pada tahun 2018.





Peduli keadaan founder ESQ, Dr. HC Ary Ginanjar Agustian mengagas acara ini secara cuma-cuma. Dalam kesempatan ini, selain menjelaskan 4 Pilar Bangsa, Arybjuga memberikan keyakinan dan optimisme pada generasi muda ini.

“Ucapkan, bahwa ‘Aku akan lebih sukses dari Om Ary. Aku akan jadi kebanggaan orangtua,” tegas Ary dengan suara lantang.

ESQ yang berpengalaman selama 20 tahun di bidang pembangunan karakter, menempa para calon pemimpin bangsa ini agar memiliki mental dan tekad bela negara yang kuat, rela berkorban demi nusa bangsa, konsisten memperjuangkan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan bertekad memajukan bangsa.



Beberapa sekolah menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari agenda kegiatan sekolah. Sekolah tersebut di antaranya. SMA Al Aqsho Jatinangor, SMK Sangkuriang 1 Cimahi, SMAIT Nurul Fikri, Ambalan SMKN 1 Batumandi Kalsel, SMP 2 Bojonggede, SMK An Nur Ibun, SMK Plus Darussunur Cimahi, MAN Insan Cendikia Paser, MAN Insan Cendikia Tanah Grogot, SMK Telkom, dll.

Acara ini disponsori oleh Republika, detikcom, Telkom Indonesia, Pelindo III, dan Hutama Karya (HK).



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA