Minggu, H / 29 Januari 2023

Apa Ikigai Kamu?

Selasa 19 Jul 2022 13:45 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: oishya.com

ESQNews.id, JAKARTA - Kenapa Ikigai penting? Jepang menduduki peringkat kedua di dunia untuk harapan hidup, dengan wanita diperkirakan hidup 88,09 tahun dan pria diharapkan hidup 81,91 tahun.


Meskipun benar bahwa pola diet berperan, banyak orang Jepang percaya bahwa ikigai memiliki banyak kaitan dengan umur panjang dan kehidupan yang bahagia.


Menurut laman Xaham.id, filosofi IKIGAI Jepang berasal dari Periode Heian antara 794 hingga 1185.


Okinawa adalah pulau Jepang di Selatan Daratan. Pulau ini memiliki proporsi penduduk berusia lebih dari 100 tahun tertinggi di dunia dan ikigai memainkan peran utama dalam budaya Okinawa.


Tapi rahasia Jepang ini tidak hanya terkait dengan orang tua. Ini menjadi populer di kalangan generasi muda baik di dalam maupun di luar Jepang yang tertarik untuk memiliki kehidupan kerja yang bermakna.


<more>


Ikigai adalah konsep Jepang yang berarti ‘alasan keberadaan’ kita. ‘Iki’ dalam bahasa Jepang berarti ‘kehidupan’ dann ‘gai’ menggambarkan nilai. Ikigai adalah tujuan hidup atau kebahagiaan. Itulah yang memberi manusia kegembiraan dan menginspirasi untuk bangun dari tempat tidur setiap hari.




Versi ikigai kebarat-baratan mengatakan bahwa kita telah menemukan karir impian ketika karir mencakup empat kualitas ini:


>> Apa yang kamu suka?

>> Apa yang kamu kuasai?

>> Apa yang membuat kamu bisa dibayar oleh orang?

>> Apa yang dibutuhkan dunia?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA